PENGARUH ATRIBUT DRIVER DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI ONLINE PT. GRAB INDONESIA DI KOTA MEDAN

Ardiansyah Ardiansyah, Sahnan Rangkuti

Abstract


ABSTRAK

 

Aktivitas ekonomi dan bisnis, sosial, budaya dan sebagainya dari masyarakat, khususnya perkotaan, sangat dipengaruhi ketersediaan moda transportasi. Salah satu ciri kahs masyarakat perkotaan adalah pergerakan manusia dan barang yang relatif padat, sehingga membutuihkan waktu relatif lama, kurang nyaman. Banyaknya kenderaan pribadi dan pengangkutan umum tetap saja dirasa kurang memadai dalam melayani kebutuhan masyarakat akan moda tranportasi yang murah, aman dan nyaman. Melihat celah bisnisn ini PT. Grab Indonesia berisiatif dengan mendirikaan transportasi on line, termasuk di kota Medan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis pengaruh Atributdriverdan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen penggunaan jasa transportasionline PT. Grab Indonesia di Kota Medan.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis uji validitas, reabilitas, asumsi klasik, lenear bergandi dan uji hipotesa dengan uji t, F dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh variabel x1 terhadapay variabel y menunjukkan nilai thitung 4,274 > ttabel 2,001 (sig 0,013lebih kecil dari a = 0,05).Artinya AtributDriver berpengaruh positip dan nyata  terhadap Keputusan Konsumen pada penggunaan jasa transportasi online PT. Grab Indonesia di kota Medan.. Selanjutnya hasil ujipengaruh variabel  (X2) terhadap variabel (y) dengan nilai thitung 2,769 > ttabel 2,001 (sig 0,018lebih kecil dari a = 0,05). Artinya   Kualitas Pelayanan (X2) secara parsial mempunyai pengaruh positip dan signifikan terhadap Keputusan Konsumen (Y). Dari hasil uji F dengan nilai 4,459 > Ftabel 3,16 dengan sig 0,000<a0,05, ArtinyaAtribut Driver dan Kualitas Pelayanan secara bersama sama berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Konsumen (Y) pada taraf a0,05.

 

Kata Kunci :AtributDriver, Kualitas Pelayanan, Keputusan Konsumen



DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1483

Article Metrics

Abstract view : 52 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index