Pengaruh Rekomendasi Produk Berbasis AI & Persentase Diskon (Shopee/Tokopedia/TikTok Shop) Terhadap Pengeluaran Impulsif Pada Mahasiswa

Dewi Cahyo Wulan Anggoro, Silvia Putri Fellany, Christina Putri Rakasiwi, Andini Tyas Rahmadani, Ahmad Chafid Alwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rekomendasi produk berbasis kecerdasan buatan (AI) dan persentase diskon terhadap pengeluaran impulsif mahasiswa pengguna e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 105 mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang dipilih secara acak. Data diperoleh melalui angket daring dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta regresi linier berganda dengan bantuan platform analisis berbasis AI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rekomendasi produk berbasis AI dan persentase diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengeluaran impulsif mahasiswa, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,428. Temuan ini menegaskan bahwa semakin relevan rekomendasi dan semakin besar diskon yang ditawarkan, semakin tinggi kecenderungan mahasiswa berbelanja tanpa perencanaan, sehingga diperlukan literasi keuangan digital untuk mengendalikan perilaku konsumtif di era e-commerce.


Full Text:

PDF

References


A’isyah Amini, Musnaini Musnaini, & H. H. (2025). Pengaruh Fear Of Missing Out dan Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Pada Pengguna Shopee. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 76–89. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/rimba.v3i3.1985

Ampadu, S., Jiang, Y., Debrah, E., Antwi, C. O., Amankwa, E., Gyamfi, S. A., & Amoako, R. (2022). Online Personalized Recommended Product Quality and E-Impulse Buying: A Conditional Mediation Analysis. Journal of Retailing and Consumer Services, 64. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102789

Dedi Dedi, Refi Nabillah Royadi, S. R. (2024). Pengaruh Promosi Online dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Sistem E-Commerce Shopee. Journal.Global.Ac.Id, 4(2). https://journal.global.ac.id/index.php/JTBG/article/view/15726

Ghaniyah, S. H. (2024). The Impact of Fear of Missing Out on Impulsive Buying. International Journal of Business Studies, 8(3), 220–232. https://doi.org/https://doi.org/10.32924/ijbs.v8i3.342

Hutagalung, A. I. (2023). HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWI PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE [Universitas Medan Area]. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/21604/2/198600094 - Agnes Isabella Hutagalung - Fulltext.pdf

Kartiwi, P. S., & Nasution, A. M. U. (2025). Pengaruh Fear of Missing Out dan Price Discount terhadap Tingkat Impulsif Buying Product Skintific di TikTok Shop (Studi Kasus di Kelurahan Tanjung Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan). 5(1), 83–92. https://doi.org/https://doi.org/10.34007/ebmsj.v5i1.776

Lang, R., Saragih, F. M., & Hanoky, A. (2024). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence Dalam Memasarkan Produk Secara Digital dan Dampaknya Terhadap Customer Repurchase Intention pada Shopee. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 8(2), 749–759. https://doi.org/10.29408/jpek.v8i2.26724

Ngo, T. T. A., Nguyen, H. L. T., Nguyen, H. P., Mai, H. T. A., Mai, T. H. T., & Hoang, P. L. (2024). Studi Komprehensif tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Impuls Online: Bukti dari Platform Video Shopee. Heliyon, 10. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e35743

Nisa Az-Zahra, Kamila; Abdul Faiz, M. (2024). Pengaruh Marketing 5.0 Dan Fomo (Fear Of Missing Out) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Kalangan Gen Z : Studi Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. Jurnal IKRAITH-EKONOMIKA, 7(3). https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/4449

Song, M. (2023). Frontiers in Business, Economics and Management The Impact of Algorithmic Product Recommendation on Consumers’ Impulse Purchase Intention. Frontiers in Business, Economics and Management, 11(3), 107–111. https://doi.org/10.54097/fbem.v11i3.13197

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Alfabeta CV. Alfabeta, CV. https://digi-lib.stekom.ac.id/assets/dokumen/ebook/feb_35efe6a47227d6031a75569c2f3f39d44fe2db43_1652079047.pdf

Syandana, D. A., & Dhania, D. R. (2024). Hubungan antara Fear of Missing Out (FoMO) dan Gaya Hidup Hedonis dengan Impulsive Buying pada Mahasiswa Pengguna E-Commerce JIMEA. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi, 8(3), 691–705. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4502

Wicaksono, S. R. (2022). Teori Dasar Technology Acceptance Model. Seribu Bintang. https://doi.org/10.5281/zenodo.7754254




DOI: https://doi.org/10.46576/jfeb.v4i2.7901

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Economic Management and Business Terindeks pada:

    

Member of:


Journal Economic Management and Business Published By :

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : emanis@dharmawangsa.ac.id

Creative Commons License

Journal Economic Management and Business By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/emanis/index