PENGARUH MATERIAL PRODUK DAN DESIGN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN POKANA PANTS SURPRISE DESIGN PADA CV. MUTI INDOFOOD LESTARI DI MEDAN

Putri Anggraini, Ahmad Taufiq Harahap, Rani Rahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh material produk, design produk terhadap keputusan pembelian pokana pants surprise design pada CV. Muti Indofood Lestari di Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada CV. Muti Indofood Lestari Medan. Sample dalam penelitian ini sebanyak 75 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial material produk (X1) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, design produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan secara simultan material produk dan design produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Setelah menganalisis teori dan menguji data maka diperoleh hasil penelitian yang akan diuraikan dalam kesimpulan penelitian ini yaitu sebagai berikut : tidak ada pengaruh positif material produk secara parsial terhadap keputusan pembelian, hal ini diketahui nilai thitung variabel material produk sebesar 1,422 yang dibandingkan sebesar 1,666 maka 1,422 < 1,666 yang berarti variabel material produk memiliki pengaruh yang tidak signifikan dengan variabel keputusan pembelian. Ada pengaruh design produk secara parsial terhadap keputusan pembelian, hal ini diketahui nilai thitung variabel design produk sebesar 8,895 yang dibandingkan ttabel sebesar 1,666 maka 8,895 > 1,666 yang berarti variabel design produk memiliki hubungan yang nyata (signifikan) dengan variabel keputusan pembelian. Ada pengaruh material produk dan design produk secara parsial terhadap keputusan pembelian, hal ini diketahui dari Fhitung sebesar 95,039 dan Ftabel sebesar 3,12 maka 95,039 > 3,12 yang artinya variabel material produk dan design produk secara simultan memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) dengan variabel keputusan pembelian pada CV. Muti Indofood Lestari di Medan.

Full Text:

PDF

References


Ansah, A. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Promosi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta. Jurnal nasional. Vol. 1 No.2 (Juli, 2017). Hal 178- 189

Azany, F. (2014). Analisis Pengaruh Desain Produk, Motivasi Konsumen dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bellagio. 1-77.

Harsanto, Budi. (2013). Dasar Ilmu Manajemen Operasi. Bandung: Unpad Press Fahmi, I. (2020). Teori Dan Teknik Pengambilan Keputusan. Edisi Kedua. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler & Keller, (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 jilid I&2 Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat

Masiyal Kholmi, (2013). ”Akuntasi Biaya”, Edisi Empat, Yogyakarta, BPFE Mulyadi. (2011). Sistem Akuntansi, Edisi ke-3, Cetakan ke-5. Penerbit Salemba. Empat, Jakarta

Muhajirin (2018). Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada UMKM Tenun Gedogan Kota Bima). Jurnal Magister Manajemen Unram. 8 (4), ISSN : 2621-7902.

Saidani, B., Rachman, M. A., & Rizan, M. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). 4, 2, 201-217.

Sangadji, E. M. & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Jakarta: Salemba.




DOI: https://doi.org/10.46576/jfeb.v3i2.6347

Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF – 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Economic Management and Business Terindeks pada:

    

Member of:


Journal Economic Management and Business Published By :

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : emanis@dharmawangsa.ac.id

Creative Commons License

Journal Economic Management and Business By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/emanis/index