PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI DAN LAYANAN INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. INDAKO TRADING COY CABANG MEDAN MAKMUR
Fatmawati Fatmawati, Ngatno Sahputra, Rani Rahim
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas komunikasi dan layanan informasi terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Indako Trading Coy Cabang Medan Makmur. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 250 pelanggan pada PT. Indako Trading Coy Cabang Medan Makmur. Sampel penelitian ini sebanyak 72 pelanggan. Sumber data yang digunakan data sekunder. Menggunakan teknik analisis regresi linear berganda diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung 10,848 > ttabel 1,66691 yang berarti variabel kualitas komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan pada PT. Indako Trading Coy Cabang Medan Makmur, dan secara parsial layanan informasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung 11,627 > ttabel 1,66691 yang berarti variabel layanan informasi berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan pada PT. Indako Trading Coy Cabang Medan Makmur. Berdasarkan uji F terdapat pengaruh kualitas komunikasi dan layanan informasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai Fhitung 119,703 > Ftabel 3,13 yang artinya variabel kualitas komunikasi dan layanan informasi secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan pada PT. Indako Trading Coy Cabang Medan Makmur. Uji determinasi (R2) menunjukkan variabel kualitas komunikasi dan layanan informasi mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 0,776 atau 77,6% sedangkan sisanya sebesar 0,224 atau 22,4% dipengaruhi oleh variabel-vaeriabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas produk, persepsi harga, citra merek, dan sebagainya.
References
Ariyanti, Nel , (2015). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Medan : Perdana Publishing.
Kotler & Keller, (2013). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid I Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
M. Yusup, Pawit (2016). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Edisi Kedua. Jakarta : PT. Bumi Aksara,.
Nurudin, (2016). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Cetakan Pertama. Jakarta : Rajawali Pers.
Prayitno, (2012). Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan UNP.
Somad, Rismi, Donni Juli Priansa, (2014). Manajemen Komunikasi Mengembangkan Bisnis Berorientasi Pelanggan. Cetakan Kesatu. Bandung : Alfabeta.
Subagyo, Ahmad. (2010). “marketing business”, Jakarta : mitra wacana media.
Tjiptono, Fandy. (2011). Service, Quality, and Satisfaction, Yogyakarta : Andi
Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana (2019). Kepuasan Pelanggan Konsep, Pengukuran, & Strategi. Yogyakarta : ANDI (Anggota IKAPI).
DOI:
https://doi.org/10.46576/jfeb.v3i2.6342
Article Metrics
Abstract view : 19 times
PDF – 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Economic Management and Business Terindeks pada:

Member of:


Journal Economic Management and Business Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : emanis@dharmawangsa.ac.id

Journal Economic Management and Business By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/emanis/index