PENGARUH DESAIN DAN KUALITAS CETAK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. DAFFAIZ DI BATANG KUIS

Fachriza Adha, Sahnan Rangkuti, Al Firah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain dan kualitas cetak terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Daffaiz di BatangKuis. Populasi dan sampel berjumlah sama (sampel jenuh) sebanyak73 pelanggan.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, kuesioner. Teknik analisis data adalah uji validitasi, uji reabilitas, uji asumsiklasik (uji normlitas, uji multikolineritas), uji heteroskedasitas, (regresi linier berganda, uji t, uji f, uji deteminasi).Hasil uji hipotesis secara parsial dengan menggunakanuji-t, diketahui bahwa nilai thitung>ttabel yaitu 2,308 > 1,669 sehinggaH0ditolak dan H1 diterimaberarti Desain memiliki pengaruh yang positif dan signifikanter hadap variabel Kepuasan Pelanggan CV. Daffaiz. Hasil uji hipotesis secara parsial dengan menggunakan uji-t, diketahui bahwa nilai thitung>ttabel yaitu 2,818 > 1,669 sehingga H0 ditolak dan H2 diterima berarti Kualitas Cetak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan variabel Kepuasan Pelanggan CV. Daffaiz. Hasil uji hipotesis secara simultan dengan menggunakan uji-F, diketahui bahwa nilai Fhitung>Ftabel yaitu 4,790 > 3.12 dengan signifikan 0,000 < 0,05 maka H0ditolak dan H3 diterima, berarti adanya pengaruh antara Desain dan Kualitas Cetakter hadap Kepuasan Pelanggan  pada CV. Daffaiz. Nilai R Square (R2) ataukoefisiendeterminasi yang diperoleh sebesar 0,592 artinya variabel Kepuasan Pelanggan (Y) dapat dijelaskan oleh variable Desain (X1) dan Kualitas Cetak (X2) sebesar 59,2% sedangkan sisanya 40,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46576/jfeb.v3i1.4664

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF – 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Economic Management and Business Terindeks pada:

  

Member of:


Journal Economic Management and Business Published By :

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : emanis@dharmawangsa.ac.id

Creative Commons License

Worksheet : Jurnal Manajemen By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/emanis/index