PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENERAPAN SISTEM E-BILLING TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MEDAN BARAT

Desi Tanjung, Sahnan Rangkuti, Al Firah Al Firah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan sistem e-billing terhadap kepuasan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Barat. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden dari total populasi sebanyak 239.151 wajib pajak dan menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan significant erhadap kepuasan wajib pajak denganthitung> ttabel sebesar 4,561>1,661 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel penerapan sistem e-billing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kepuasan wajib pajak denganthitung> ttabel sebesar 2,637 >1,661 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan secara simultan diperoleh adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan penerapan sistem e-billing terhadap kepuasan wajib pajak dengan nilai Fhitung>Ftabelsebesar 24,383>3,090 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,335 maka 33,5% variasi variabel kepuasan wajib pajak ditentukan oleh kedua variabel independen yaitu kualitas pelayanan dan penerapan sistem e-billing, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46576/jfeb.v2i2.4175

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF – 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Economic Management and Business Terindeks pada:

  

Member of:


Journal Economic Management and Business Published By :

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : emanis@dharmawangsa.ac.id

Creative Commons License

Worksheet : Jurnal Manajemen By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/emanis/index