PENGARUH MATERIAL HANDLING DAN PENATAAN LAYOUT TERHADAP EFISIENSI PROSES PRODUKSI PADA PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA CABANG MEDAN

Cindy Muthia, Muhammad Asnawi, Al Firah Al Firah

Abstract


Beberapa identifikasi masalah dalam penelitian ini mencakup masih adanya bahan baku yang rusak akibat suhu penyimpanan yang tidak sesuai standar produksi (material handling), masih adanya penataan layout mesin pabrik yang belum mendukung kelancaran proses produksi yang menyebabkan proses produksi terhambat, dan penerapan material handlingbelum sepenuhnya mendukung dalam upaya  meningkatkan efisiensi proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh material handling terhadap efisiensi proses produksi,untuk mengetahui pengaruh penataan layout berpengaruh terhadap efisiensi proses produksi, untuk mengetahui pengaruh material handling dan penataan layout berpengaruh secara  simultan terhadap efisiensi proses produksi padaPT. Charoen Pokphand Indonesia Cabang Medan. Penelitianini menggunakan sampel 84 karyawan. Penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling, dimana Accidental Sampling dengan  menggunakan  rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, kuesioner (angket) dengan analisis uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel material handling secara parsial berpengaruh signifikan dengan variabel efisiensi proses produksi dengan nilai thitung> ttabel sebesar 3,415 >1,66365.Variabel penataan layout secara parsial berpengaruh  signifikan dengan variabel efisiensi proses produksi dengan nilai thitung> ttabel sebesar13,787 > 1,66365. Variabel material handling dan penataan layout secara simultan berpengaruh signifikan dengan variabel efisiensi proses produksi dengan nilai Fhitung> Ftabel = sebesar 124.592 > 3,11.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46576/jfeb.v2i2.4174

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF – 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Economic Management and Business Terindeks pada:

  

Member of:


Journal Economic Management and Business Published By :

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : emanis@dharmawangsa.ac.id

Creative Commons License

Worksheet : Jurnal Manajemen By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/emanis/index