ANALISIS PROSEDUR PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMBIAYAAN KPR SYARIAH DI PT BANK SUMUT SYARIAH KCP SISINGAMANGARAJA

Muhammad Farhan Ginting, Mierna Zulkarnain, Syaiful Anwar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi prosedur pembiayaan murabahah dalam meningkatkan jumlah pembiayaan KPR Syariah Di PT Bank Sumut Syariah KCP Sisingamangaraja. Objek penelitian ini adalah akad murabahah dalam transaksi jual beli. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Sumut Syariah KCP Singamangaraja sebagai perusahaan yang akan diteliti, dilakukan dengan pertimbangan bahwa perusahaan tersebut mengalami persaingan yang disebabkan oleh banyaknya penyedia akad murabahah pada bank syariah lainnya. Penelitian dilakukan pada staf di PT. Bank Sumut Syariah KCP Sisingamangaraja karena tenaga-tenaga tersebut dianggap ahli dan memiliki informasi serta dapat memberikan data yang diperlukan untuk penelitian strategi dalam menghadapi persaingan jual beli dengan pembiayaan murabahah. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Regulasi Pembiayaan murabahah yang dipraktikan di Bank Sumut Syariah KCP Sisingamangaraja dalam pembiayaan KPR Syariah adalah dengan skema murabahah bil wakalah dimana Bank Sumut Syariah memberikan kuasa kepada nasabah untuk membeli barang pesanannya. Implementasi fatwa DSN-MUI tentang murabahah terhadap praktik pembiayaan KPR Syariah yang dilaksanakan oleh Bank Sumut Syariah KCP Sisingamangaraja sudah sesuai, terutama dalam model pembiayaan murabahah bil wakalah dan perlakuan bagi nasabah yang mengalami penurunan kemampuan angsuran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46576/jfeb.v2i2.4170

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF – 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Economic Management and Business Terindeks pada:

  

Member of:


Journal Economic Management and Business Published By :

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : emanis@dharmawangsa.ac.id

Creative Commons License

Worksheet : Jurnal Manajemen By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/emanis/index