DESAIN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS TEKNOLOGI PADA MATERI TEKS BIOGRAFI

suhariyanti yanti

Abstract


Masalah dalam penenlitian ini adalah  kurangnya  ke mampuan siswa  untuk menulis  teks  biografi, kemudian  siswa  kurang  minat mengikuti materi teks biografi dikarenakan harus banyak membaca sehingga  nilai  yang  dicapai  siswa  tidak  mencapai  nilai  yang  maksimal.  nilai  yang  harus  mereka  peroleh  minimal  rata-rata 76.  Jika  yang  mereka  peroleh  tidak  sesuai  dengan  nilai  tersebut  maka  pembelajaran  mereka  kurang maksimal. Dalam  hal  ini  masih banyak   siswa  yang  kurang  mampu  dalam  belajar  menulis  teks, sehingga nilai yang mereka  peroleh masih  banyak  yang  rendah, seperti nilai 55. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil desain model pembelajaran  project based learning berbasis teknologi pada materi teks biografi oleh siswa kelas VIII SMP Plus Jabal Rahma Mulia. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik random kelas dan terpilih kelas VIII-A yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-B yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan desain model pembelajaran  project based learning berbasis teknologi pada materi teks biografi menunjukan kenaikan hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata  85. Sedangkan hasil belajar tidak menggunakan  desain model pembelajaran  project based learning berbasis teknologi pada materi teks biografi  memperoleh hasil rata-rata 65.


Full Text:

PDF

References


. Fuad, Zulfikar. 2012. The Secret Of Biography:Rahasia Menulis Biografi Ala Ramadhan K.H. Jakarta: Akademia Permata.

. Hadi Sutopo, Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan . (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2012), hal. 98

. Made Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer; Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, (Jakarta: PT. Buni Aksara, 2009), cet ke-3, hal 212-214 14 Jamal Ma‟mur Asmani, Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Dunia Pendidikan, (Jogjakarta: Diva Press, 2011), cet 1, hal 166-171 Jamal Ma‟mur Asmani (2011:166-171)

. Mega Putri. 2016. Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok. Jurnal Bahastra, Oktober 2016, Volume XXXVI, Nomor 1, hlm 1-13.

. Nurfitriyanti, Maya. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 6(2): 149-160.

. Rusman dkk, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi . (Jakarta : Grfindo persada, 2012), hal. 78

. Rezeki, Rina Dewi., dkk. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBl) Disertai dengan Peta Konsep Untuk meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas x-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia(JPK), Vol. 4 No.1: 74-81. Goodman, Brandon and Stivers, . 2010. Project-Based Learning. Educational Psychology. ESPY 505

. Tuti Andriani. 2015.Sistem pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi. Jurnal sosial budaya: Media komunikasi ilmu-ilmu sosial dan budaya.Vol.12 No. 1 hlm 1-24

. Tomlinson, Brian. 2008. Materials development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

. Tomlinson, Brian. 2012. Materials Developmment for language Learning and Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

. Wahono, dkk. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

. Waluyo, Budi. 2014. Bahasa dan Sastra Indonesia. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

. Wellek, dkk. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.

. Widodo dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

. Wiley , John . 2013. Ethical Theory An Anthology Second Edition. Edition history: Blackwell Publishers

. Yaumi, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Efektif. Makassar: Alauddin Universty Press.

. Zabadi,dkk. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

. Zabadi, dkk. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.

. Zubair, Charris Achmad (1995). Kuliah Etika. Jakarta: Raja Grafindo Persad.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v1i1.968

Article Metrics

Abstract view : 1634 times
PDF – 469 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 suhariyanti yanti

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License