SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) PADA BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH SUMATERA UTARA BERBASIS WEBSITE

adelia sakinah rahmah, Yahfizham Yahfizham

Abstract


Berdasarkan website, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Badan Keuangan dan Aset Daerah Sumut telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA). Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, dokumentasi, wawancara, dan observasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan merupakan bagian dari proses analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Badan Keuangan dan Aset Daerah Sumatera Utara (BKAD Sumut) telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam penatausahaan dan pengelolaan keuangan daerah dengan diperkenalkannya Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) berbasis website. Komponen utama layanan keuangan daerah, data pelanggan, pelayanan, dan pengaduan dapat diakses secara lebih efektif dan sistematis dengan penggunaan SIMDA. Kapasitas Menyertakan pengguna dan administrator dalam fitur seperti jenis, kategori, dan manajemen pengguna memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dan kontrol atas sistem. Selain itu, dasbor yang memberikan gambaran visual laporan manajemen dan kinerja membantu mempercepat dan menyederhanakan pengambilan keputusan. Sejak diluncurkan, SIMDA berbasis situs web BKAD Sumatera Utara telah meningkatkan efisiensi operasional, mendukung transparansi, memberikan landasan yang kuat bagi pengambilan keputusan berdasarkan data, dan meningkatkan standar layanan keuangan daerah secara keseluruhan. Melalui penerapan teknologi web, SIMDA memfasilitasi aksesibilitas yang lebih besar, meningkatkan keterlibatan, dan mempercepat reaksi terhadap dinamika keuangan daerah yang terus berubah.


Full Text:

PDF

References


Alfani, D., & Nasution, J. (2022). Implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara. 6.

Ardianto, R. (2019). PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH, DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris Pada SKPD Wilayah Kabupaten Tangerang).

Arif, R. N., & Firmansyah, A. (2024). IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PEMERINTAH DAERAH RI (SIPD RI) DALAM PROSES AKUNTANSI DAN PELAPORAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR. 3.

Asmawati, N., Suparman, S., & Gunawan, H. (2024). Analisis Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah pada Perangkat Daerah di Kabupaten Sumbawa Barat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1308–1314. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3376

Fahri, Z., & Nasution, J. (2021). Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Di Bagian Umum Kantor Walikota Medan. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 9(2). https://doi.org/10.21067/jrma.v9i2.6080




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v5i1.4425

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF – 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 adelia sakinah rahmah, Yahfizham Yahfizham

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License