DAMPAK E-COMMERCE TERHADAP BIDANG EKONOMI, BISNIS, DAN PEMBELANJAAN: TINJAUAN LITERATUR

Nurhaliza Fatimah Az-Zahra, Ridzky Putra Dwitama, Aditya Juliawan Suryaputra, Fayruz Rahma

Abstract


Dalam beberapa waktu terakhir ini, dunia bisnis mengalami perubahan dengan munculnya sebuah teknologi yang berperan sebagai media promosi dalam bidang bisnis. Dampak utama dari perkembangan teknologi ini adalah munculnya perdagangan online yang biasa dikenal dengan istilah e-commerce. Penelitian ini membahas tentang dampak e-commerce terhadap pembelanjaan; pengaruh e-commerce terhadap pembelanjaan masyarakat di Indonesia, dan jenis-jenis e-commerce yang ada. E-commerce berdampak luas pada masyarakat di antaranya pada bidang ekonomi dan bisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur dengan cara mengumpulkan berbagai informasi dari jurnal dan artikel online. Hasil dan pembahasan terdiri dari dampak bidang ekonomi dan bisnis, lalu pada perilaku masyarakat yang menjadi konsumtif dan boros. E-commerce memiliki sisi positif pada zaman sekarang yaitu kenyamanan dalam bertransaksi dan juga menghemat tenaga dan waktu yang dikeluarkan untuk melakukan jual beli. E-commerce memiliki dampak yang positif dan juga negatif, tergantung dari pemakaian yang bijak.

Keywords


shopping, impact, e-commerce

Full Text:

PDF

References


Farahdiba, D. (2020). Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22-38.

Hafsyah, A. H. (2020). PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN, PERILAKU KONSUMTIF, DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP TRANSAKSI ONLINE(E-COMMERCE). PRISMA(Platform Riset Mahasiswa Akuntansi , 1(6), 100-102.

Hardan, W. (2012). MEMBANGUN E-COMMERCE DI JUSTINE OUTLET LEMBANG.

Indarthi, A. W., Sunarsih, A., Purwandari, T. A., & Ayu, P. P. (2021). Peranan E-Commerce di Berbagai Kalangan di Indonesia dalam Berbagai Bidang Perekonomian Akibat dari Dampak Pandemi Covid-19. Journal of Education and Technology, 5.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, VI, 12.

Pradana, M. (2015). KLASIFIKASI JENIS-JENIS BISNIS E-COMMERCE DI INDONESIA. Jurnal Neo-bis, 9, 5.

Universitas Bakrie. (n.d.). Ini Dia 3 Perilaku Konsumen yang Berubah Setelah Pandemi. (Universitas Bakrie) Retrieved July 7, 2023, from https://bakrie.ac.id/articles/435-ini-dia-3-perilaku-konsumen-yang-berubah-setelah-pandemi.html




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v4i2.3552

Article Metrics

Abstract view : 341 times
PDF – 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurhaliza Fatimah Az-Zahra, Ridzky Putra Dwitama, Aditya Juliawan Suryaputra, Fayruz Rahma

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License