ANALISIS PERKEMBANGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM BIDANG BISNIS : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
Abstract
Teknologi sudah berkembang pesat salah satunya adalah teknologi informasi, teknologi informasi berfungsi meningkatkan produktivitas dan kinerja perusahaan. Salah satu perkembangannya yaitu perkembangan teknologi kecerdasan buatan, sebuah kecerdasan yang mendapatkan penambahan dalam suatu sistem, untuk menginterpretasikan data eksternal dan mengendalikan data tersebut sehingga hasil olahan digunakan untuk tujuan tertentu. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan AI pada perusahaan bisnis dengan metode SLR (Systematic Literature Review) yaitu peninjauan pustaka dengan mengidentifikasi, mengevaluasi, serta menerangkan semua pengamatan yang berkaitan dengan topik penelitian dengan tujuan untuk mendapatkan jawaban tentang pertanyaan terkait penelitian yang sudah ditentukan. Hasil yang didapatkan yaitu sebanyak 11 literatur yang memenuhi kriteria kualitas penilaian dengan ketentuan jurnal terakreditasi dan membahas faktor serta dampak dari penerapan AI secara jelas. Sehingga dapat disimpulkan penerapan AI terdapat hambatan seperti isu rentannya keamanan data dan privasi, biaya yang tinggi, memerlukan keahlian khusus, infrastruktur yang memadai, pembuatan yang rumit, peraturan penerapan AI yang masih belum sempurna, isu khawatir dalam pergantian pekerjaan manusia dengan teknologi, dan isu etika penerapan teknologi AI dalam pekerjaan.
Full Text:
PDFReferences
Adi, S. (2022). Implementasi Kecerdasan Buatan Pada Proses Bisnis. Universitas Bina Darma.
Ali, W., & Aklani, S. A. (2022). ANALISIS ALGORITMA MONTE CARLO UNTUK MEMPREDIKSI KEUNTUNGAN PEMBANGUNAN APARTEMEN MENGGUNAKAN SCRUM FRAMEWORK. JURNAL ILMIAH BETRIK: Besemah Teknologi Informasi dan Komputer, 13(3), 287-294.
Alia Qonita, J. S. (2022). Peranan Teknologi Artificial Intelligence Di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Bina Darma.
Arora, R., & Arora, N. (2016). Analysis of SDLC models. International Journal of Current Engineering and Technology, 6(1), 268-272.
Darmawan, S., & Setyorini, R. (2020). Analisa Faktor-Faktor Adopsi Chatbot LINE SMB Telkom Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model Yang Dimodifikasi. ProBank, 5(2), 241-254.
Fathya, V. N. Artificial Intelligence in Marketing: Future Research Agenda.
Fatihah, D. C., & Saidah, I. S. (2021). Model Promosi Marketplace Berbasis Artificial Inteligence (AI) di Indonesia. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3).
Fauzy, S. R. (2023). IMPLEMENTASI GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE DALAM PEMBUATAN GAME BUANA RUH. Indexia: Informatics and Computational Intelligent Journal, 5(01), 19-34.
Freddy, M., & Mulyana, T. M. S. (2022). Determining Computer Opponent’s Actions in Strategy Game Using K-Nearest Neighbour Algorithm. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 8(3), 537-544.
Kurniawan, M. H., Handiyani, H., Nuraini, T., & Hariyati, R. T. S. (2023). Artificial Intelligence (AI) in Nursing Services: A Literature Review. Faletehan Health Journal, 10(01), 77-84.
Lubis, M. S. Y. (2021, August). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. In Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU (Vol. 4, No. 1, pp. 1-7).
Mubarak, R. (2020). Implementasi Artificial Intelligence Dalam Proses Industri Manufaktur Otomotif. Jurnal Ilmu Komputer, 3(2).
Nirwana, A. (2023). Implementation of Artificial Intelligence in Digital Marketing Development: a Thematic Review and Practical Exploration. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi dan Keuangan, 2(1), 85-112.
Pamungkas, D. W. L., & Rochimah, S. (2019). Pengujian Aplikasi Web-Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal IPTEK, 23(1), 17-24.
Petersen, K., Feldt, R., Mujtaba, S., & Mattsson, M. (2008, June). Systematic mapping studies in software engineering. In 12th International Conference on Evaluation and Assessment in Software Engineering (EASE) 12 (pp. 1-10).
Putra, I. K., Dewanta, F., & Astuti, S. (2023). Sistem Pintu Gerbang Otomatis Menggunakan Deep Learning Object Detection. eProceedings of Engineering, 9(6).
Rahmawati, R., Fahmi, F., Yusnar, C., Yunus, Y., & Amra, S. (2022). Penerapan Deteksi Wajah Sebagai Implementasi Artificial Intelligence (AI) pada Guru Sekolah Muhammadiyah Kota Lhokseumawe. In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe (Vol. 6, No. 1, pp. 64-69).
Ramadhana, M. A., & Hussein, A. S. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP CUSTOMER LOYATY DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 1(4).
Ririh, K. R., Laili, N., Wicaksono, A., & Tsurayya, S. (2020). Studi Komparasi Dan Analisis Swot Pada Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Di Indonesia. Jurnal Teknik Industri, 15(2), 122-133.
Rizqiyah, R. N., Kriyantono, R., & Sujoko, A. (2021). MANAJEMEN MEDIA RELATIONS DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF DAN REPUTASI PERUSAHAAN DI ERA ARTIFICIAL INTELLIGENCE. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 6(1), 53-66.
Taufik, R. T. R. B. R., Bau, R. L., & Nggego, D. A. N. D. A. (2022). TINJAUAN LITERATUR: OPTIMALISASI PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN PADA PERANCANGAN ANTARMUKA E-COMMERCE. Journal of Scientech Research and Development, 4(2), 264-268.
Trisnadoli, A., Arifin, S. P., & Muslim, I. (2022). Analisis Hasil Kajian Perencanaan Infrastruktur Teknologi Informasi untuk Mendukung Grand Design Riau Digital. Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), 5(1), 36-42.
Wijayanti, N. I., Yulianti, R., & Wijaya, B. (2019). Perancangan Chat Bot Messenger dengan Pendekatan User Centered Design (Studi Kasus: Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas UGM). Media Pustakawan, 26(4), 254-267.
Zein, A. (2021). Kecerdasan Buatan Dalam Hal Otomatisasi Layanan. Jurnal Ilmu Komputer, 4(2), 16-25.
Zephaniah, I., & Febrian, D. (2023). ARTIFICIAL INTELLIGENCE TO IMPROVE ACCURACY AND EFFICIENCY OF PRESCRIBING BETWEEN DOCTORS & PHARMACISTS. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 8(1), 89-103.
DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v4i2.3404
Article Metrics
Abstract view : 1310 timesPDF – 2669 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Safna Faradillah, Dimas Irmansyah, Beryl Ardhana Lokatara, Mohamad Ivan Saputra, Anita Wulansari
DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783Â Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id
Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License