ANALISIS FAKTOR TINGKAT KEPERCAYAAN PENGGUNAAN QRIS PADA UMKM DI SURABAYA MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Ahmad Galih Nur Jati, Ferdi Puguh Margono, Taufiq Arinta Ardiyono, Anita Wulansari

Abstract


Pertumbuhan teknologi telah mengalami kemajuan pesat di berbagai sektor, termasuk di Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu aspek penting dalam mendukung UMKM adalah penggunaan metode pembayaran QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), yang merupakan bentuk pembayaran elektronik yang semakin populer di Indonesia, terutama di kalangan pelaku UMKM. Meskipun demikian, tidak semua UMKM mengadopsi teknologi QRIS ini dikarenakan kurangnya kepercayaan dan pengetahuan yang dimiliki oleh pemilik UMKM. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepercayaan penggunaan QRIS pada UMKM dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini akan menggunakan sampel data sebanyak 100 responden yang merupakan pemilik atau pekerja UMKM yang menerapkan pembayaran QRIS di daerah Surabaya. Faktor-faktor yang akan diteliti meliputi kemampuan menggunakan komputer (CSE), persepsi kegunaan/manfaat (POU), persepsi kemudahan penggunaan (PEU), sikap pengguna (ATU), minat perilaku (BEI), dan penggunaan sesungguhnya (ACU). Dengan menganalisis faktor-faktor ini, diharapkan penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang tingkat kepercayaan penggunaan QRIS oleh UMKM di Surabaya.


Full Text:

PDF

References


Adi Kurniawan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi, T. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Penggunaan FinTech pada UMKM Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). In Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika (Vol. 16, Issue 1).

Chaniago, D., & Akbar, M. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN E-COMMERCE SHOPEE DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). In Jurnal Nasional Ilmu Komputer (Vol. 2, Issue 2).

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 https://data.diskopukm.jatimprov.go.id/satu_data/

Hafidz Musriannur, M., Yasirandi, R., & Oktaria, D. (2021). Pengukuran dan Analisis Penerimaan LMS sebagai Media Belajar Online menggunakan Technology Acceptance Model di Universitas Telkom.

Homepage, J., Ramadhan, A., Septiarani, C. I., Dias, F., Yoga Pratama, D., Informasi, S., Sunan, U., & Surabaya, A. (2019). IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology) Technological Acceptance Model (TAM) Terhadap Adopsi Aplikasi Trading Cryptocurrency Studi Kasus: Indodax Trading Platform. In IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology) (Vol. 4, Issue 2). https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Magdalena Sipayung, E., & Fiarni, C. (2020). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Point of Sale Menggunakan Technology Acceptance Model pada UMKM. In Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi | (Vol. 9, Issue 1).

Mauliana, P., & Risnanto, S. (2019). PENGUKURAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL. Jurnal Infotronik, 4(1).

Nustini, Y., & Adhinagari, A. H. (2020). Penerapan Technology Acceptance Model Pada Penggunaan E-Money Studi Pada Wilayah Non Perkotaan.

Suhariyanti, S. (2022). PELUANG BAHASA INDONESIA DITENGAH MASYARAKAT EKONOMI ASEAN MENUJU BAHASA INTERNASIONAL. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 195-199.

Teknik, J., & Informatika, D. (2019). Mengukur Tingkat Kepercayaan Sistem Zakat Online Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) di Kalangan Masyarakat Kampus (Vol. 6). https://rumah-yatim.com/

Yani, E., Fitria Lestari, A., Amalia, H., Puspita, A., Nusa, S., & Jakarta, M. (2018). Pengaruh Internet Banking Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Dengan Technology Acceptance Model. JURNAL INFORMATIKA, 5(1), 34–42.

Yunita, N., Seltika Canta, D., & Sosial dan Teknologi, J. (2021). Penerapan Metode Technology Acceptance Model Dalam Mengukur Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli. 2(5).




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v4i1.3319

Article Metrics

Abstract view : 582 times
PDF – 575 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Galih Nur Jati, Ferdi Puguh Margono, Taufiq Arinta Ardiyono, Anita Wulansari

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Journal of Information Techhnology Research published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Journal of Information Tecnology Research

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License