PEMBUATAN ANIMASI MOBIL BERBASIS 3D ANIMATION REALISTIS MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER

Muhammad Rizki Rangkuti, Amru Yasir, Welnof Satria

Abstract


Teknologi informasi adalah studi atau penggunaan perangkat elektronik, khususnya komputer, untuk menyimpan, memproses, dan menyebarkan informasi, seperti teks, angka, dan gambar (kamus Oxford, 1995). Teknologi informasi memiliki banyak fungsi dan peranan bagi masyarakat lalu lintas. Meningkatnya angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di Indonesia menjadi penting untuk mengapresiasi pentingnya pengetahuan sejak dini tentang jenis dan kegunaan setiap rambu lalu lintas salah satunya dengan pemanfaatan animasi 3D. Observasi dilakukan mengamati permasalahan yang dihadapi dalam pembuatan video 3D dengan memilih teknik pencitraan yang baik. Studi pustaka mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai bahan di perpustakaan seperti dokumen, buku, catatan, majalah, cerita sejarah, dll. Penelitian ini menghasilkan video animasi dalam bentuk tiga dimensi (3D) berdurasi selama 3 menit 28 detik dengan format file MP4 yang berisi tentang cara mengemudi mobil di jalan raya. Pengoperasian video animasi ini, audiens tinggal melihat dan menyaksikan langsung sampai animasi selesai layaknya seperti film. Adapun poengoperasian video animasi bisa menggunakan windows. Penulis dan pengguna dalam pembuatan animasi mobil berbasis 3D animation realistis menggunakan aplikasi blender bermanfaat untuk mengetahui animasi mobil tersebut. Animasi ini juga bermanfaat untuk pemahaman seseorang dalam mengemudi mobil dijalan raya serta mengetahui tata tertib dalam mengemudi. Karena faktor disiplinannya rambu- rambu lalu lintas saat ini buruk karena tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Full Text:

PDF

References


%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/16 853/16570

Arto, R. S., Prakoso, L. Y., & Sianturi, D. (2019). Strategi Pertahanan Laut Indonesia dalam Perspektif Maritim Menghadapi Globalisasi. Strategi Pertahanan Laut, 5(2), 65–86. https://www.gesuri.id/analisis/

Aryanto, S. (2018). IMPLEMENTASI RIGID BODY PADA RIGGING TERHADAP ANIMASI DINAMIS MODEL

Aziz, Z. (2019). FLUXUS ANIMASI DAN KOMUNIKASI DI ERA MEDIA BARU DIGITAL.

Bastomi, M. (2019). Perancangan Video Company Profile Hotel Gunawangsa Manyar Berbasis Multimedia.

Faizin, N., Ali, M. M., & Ariatmanto, D. (2019). Perancangan Iklan Motion Graphic Keselamatan Berlalu Lintas Sebagai Knowledge Management Pada Media Sosial. October, 0–5.

Farhan Ashshiddiqie, M., Putu, I., Janottama, A., & Nuriarta, W. (2022). PERANCANGAN ANIMASI 3 DIMENSI SEBAGAI UPAYA PENGEDUKASIAN MASYARAKAT MENGENAI PENTINGNYA MENCINTAI RUPIAH SEBAGAI MATA UANG NEGARA INDONESIA (Vol. 3, Issue 2).

Hadiansyah, A. (2019). BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. 1–64. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24. http://eprints.polsri.ac.id/11914/3/BAB II.pdf

Hanafri, M. I., Gustomi, L. F., & Susanti, H. (2018). Pengembangan Iklan Layanan Masyarakat Berbasis Animasi 2D Pada BPJS Ketenagakerjaan. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, 8(1). https://doi.org/10.38101/sisfotek.v8i1.177

Hilmy, R. F., Insanudin, E., & Susanti, F. (2021). Perancangan Animasi Interaktif Untuk Aplikasi Teknologi AR (Augmented Reality) Sebagai Pengenalan Tata Surya. 7(6), 16.

http://journal.uad.ac.id/index.php/CHANNEL%7C

http://repository.unim.ac.id/id/eprint/251

Jawab, P., Sekolah Tinggi Elektronika, K., Penelitian -Sekolah Tinggi Elektronika, P., & Jl, K. (2018). PIXEL JURNAL ILMIAH KOMPUTER GRAFIS.

Joni, & Deli. (2020). Studi Penerapan Animasi Dan Visual Effect Dalam Film Mulan Study Of Animation And Visual Effect Application On Mulan ( 2005 ). Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(2005), 557–564. http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit

KENDARAAN TIGA DIMENSI. Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 10(1), 77. https://doi.org/10.28989/angkasa.v10i1.216

Larasati, I., Moengin, P., & Adisuwiryo, S. (2018). Perbaikan tata letak lantai produksi untuk meminimasi waktu produksi dengan menggunakan metode simulasi pada PT. Argha Karya Prima Industry, Tbk. Jurnal Teknik Industri, 8(1), 47–58.

Limano, F., Amir Piliang, Y., Damajanti, I., Doktoral, P., Seni Rupa dan Desain, F., Teknologi Bandung, I., & Fakultas Seni Rupa dan Desain, I. (2020). Revisualisasi 3D ondel-ondel betawi berbasis teori uncanny A B S T R A K 3D Ondel-ondel Revisualisasi Teori uncanny (Vol. 2). https://conference.isi-ska.ac.id/index.php/senakreasi

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jpgsd, 8(5), 893–903.

Mucharrom, M. R., Akbar, R. M., & Hanum, D. (2019). PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA MEDIA GAMBAR PANDUAN WUDHU UNTUK ANAK BERBASIS ANDROID.

Pangestu, R. D., Susanti, F., & Kurniawan, A. P. (2021). Aplikasi Pembelajaran Komunitas Penolong Berbasis Augmented Reality Community Helper Learning Application In The Field Of Health, Safety and Environment Based On Augmented Reality. Jurnal Spirit : STMIK Yadika Journal of Computing and Cybernetic System, 7(5), 2174–2190.

Putri, S. A. I., Iskandar, M., & Fiandra, Y. (2021). Perancangan Movement Karakter Pada Animasi 3D Tentang Penerimaan Diri Pada Penyandang Disabilitas Daksa Akibat Kecelakaan. E- Proceeding of Art & Design, 8(6), 3076–3089. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/16853

Rahmah, S. A., Yasir, A., Sinaga, K., & Syahputra, E. R. (2022). Pelatihan Cara Pembuatan Database Untuk Pengarsipan Di Desa Sei Mencirim Sunggal. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 67-76.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v4i1.3239

Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF – 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Rizki Rangkuti, Amru Yasir, Welnof Satria

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Journal of Information Techhnology Research published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Journal of Information Tecnology Research

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License