TEKNOLOGI DAN COVID: TANTANGAN DAN PELUANG DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI

Talizaro Tafano, Sion Saputra

Abstract


Artikel ini menyelidiki sejauh mana pemanfaatan teknologi sebagai peluang dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi. Atikel ini berangkat dari pengamatan penulis terhadap kondisi pembelajaran saat ini, di mana pandemi Covid-19 memaksa lembaga pendidikan di Indonesia harus melakukan pembelejaran secara online. Perkembangan teknologi menjadi sarana penting yang sangat membantu agar proses belajar mengajar tetap dilaksanakan. Tetapi di balik semua ini terdapat sejumlah tantangan terkait dengan penguasaan dan pemanfaatan terhadap teknologi sebagaimana penjelasan dalam artikel ini. Tujuan dari penulisan artikel ini bahwa melaksanakan pembelajaran daring di masa pendemi merupakan peluang bagi para pendidik dalam meningkatkan kompetensi diri  sebagai pendidik yang profesional. Metode yang gunakan dalam artikel ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Proses analisis menggunakan sumber-sumber kepustakaan yang kredibel. Hasil dari kajian ini menemukan bahwa adanya keterbatasan fasilitas dan pengetahuan serta keterbatasan jarak jauh, tetapi tantangan ini dapat diatasi dengan peluang yakni meningkatkan pengetahuan dan menciptakan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan informatif.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5 No.1, 64 – 70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Erduran, S. (2020). Science Education in the Era of a Pandemic. Science & Education, 29(2), 233–235. https://doi.org/10.1007/s11191-020-00122-w

Kopeuw, F. M. (2017). Kompetensi dan Produktivitas Metodologi Penelitian Kristen. Jayapura: STAKPN.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pendidikan Islam.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Pamungkas, D. E., & Sukarman. (2020). Transformasi Dunia Pendidikan di Sekolah Dasar dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3).

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal Of Education, Psehology and Counselling, 2(1), 1–12.

Saleh, A. M. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 2(2), 24–24.

Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Tafonao, T., Saputra, S., & Suryaningwidi, R. (2020). Learning Media and Technology: Generation Z and Alpha. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(2), 89. https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i2.954

Talizaro, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018 P-ISSN 2549-1725 E-ISSN 2549-4163, 2(2).

Tambunan, E. (2020). TEKNOGOGI: Model Pembelajaran Baru dan Masyarakat Kota. Jurnal Shanan, 4(2), 108–127.




DOI: https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i1.1256

Article Metrics

Abstract view : 3534 times
PDF – 1297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Talizaro Tafano

DJTECHNO: Jurnal Teknologi Informasi Indexed By


MEMBER OF


Dedicated to :

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi published by :

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : s1.ti@dharmawangsa.ac.id

Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License