PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEPAKING BAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Asrindah Nasution, Sarah Nasution

Abstract


Teknologi mempengaruhi semua aspek pendidikan, termasuk bagaimana siswa melihat, mendengar, berbicara, dan berkomunikasi. Pendidikan tidak dapat lagi dipisahkan dari teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Instagram digunakan dalam mata kuliah Bahasa Inggris pada program studi Administrasi Bisnis di Universitas Dharmawangsa. Mahasiswa semester satu yang mengambil kelas Bahasa Inggris adalah subjek penelitian ini. Ada total 25 mahasiswa sebagai responden. Studi ini menggunakan wawancara terbuka, yang memungkinkan responden untuk menjawab pertanyaan dengan jelas dan menyeluruh sesuai dengan bagian mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan akun Instagram siswa untuk belajar berbicara sangat membantu mereka. Sebagian besar dari mereka menyatakan bahwa siswa merasa percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris, siswa lebih berkonsentrasi pada penggunaan grammar yang benar saat berbicara, siswa lebih mudah mengoreksi postingan temannya, dan siswa termotivasi untuk berbicara lebih jelas dan lancar setelah mendapatkan saran yang lebih tepat dari temannya.


Keywords


Bahasa Inggris, Instagram, speakin.

Full Text:

PDF

References


B. Belardi. 2013. Texting While Studying: New Study from McGraw-Hill Education Reveals That Technology Can Be Students’ Best Friend and Worst Enemy. McGraw-Hill Education. Retrieved from: https://www.mheducation.com/abo ut/news-room/texting- whilestudying-new-study-mcgraw- hill-education-reveals- technologycan-be

Bexheti, Lejla A, Burim E. Ismaili, and Betim H. Cico. 2014. “An Analysis of Social Media Usage in Teaching and Learning: The Case of SEEU.” Proceedings of the International Conference on Circuits, Systems, Signal Processing, Communications and Computer: 90-94.

Chun, D., Smith, B., & Kern, R. 2016. Technology in language use, language teaching, and language learning. Modern Language Journal, 100, 64–80. https://doi.org/10.1111/modl.12302

Costill, A. 2014. 30 Things you absolutely need to know about Instagram. Retrieved from http://www.searchenginejournal.co m/30-things-absolutely-needknow- instagram/85991/

Manca, S., & Ranieri, M. 2013. Is it a tool suitable for learning? A critical review of the literature on Facebook as a technology- enhanced learning environment. Journal of Computer Assisted Learning, 29(6), 487–504. https://doi.org/10.1111/jcal.12007

Zhang, Lili. 2013. “Mobile phone teachnology engageent in EFL classroom.” International Conference on Software and Computer Science (ICSECS): 171- 173.




DOI: https://doi.org/10.46576/dl.v2i2.7262

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF – 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Asrindah Nasution, Sarah Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Dialect Terindeks pada:

Jurnal Dialect Diterbitkan oleh:
UPT. Bahasa 

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : uptbahasa@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.