PENGARUH PENGGUNA GADGET PADA PENDIDKAN DAN EMOSIONAL ANAK REMAJA MESJID DI MEDAN DENAI

Buyung Solihin Hasugian, Suhariyanti Suhariyanti

Abstract


Penggunaan gadget saat ini merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaan gadget secara berlebihan dapat memengaruhi perkembangan emosi dan kognitif anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk serta dampak penggunaan gadget terhadap remaja di Medan Denai, Kecamatan Tegal sari Mandala II,  serta cara pendampingan yang dilakukan orang tua dalam mendukung perkembangan emosi dan kognitif anak. Gadget adalah perangkat yang berguna untuk memudahkan berbagai aktivitas manusia. Perkembangan emosi berkaitan dengan kebutuhan, tujuan, dan minat seseorang, sedangkan perkembangan kognitif adalah proses peningkatan kemampuan berpikir secara logis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari15 remaja. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget memiliki dampak positif, yaitu remaja mampu mengeksplorasi pengetahuan secara lebih luas. Namun, dampak negatifnya adalah penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan menurunkan fokus dalam belajar. Bentuk pendampingan yang dilakukan orang tua meliputi memberikan batasan penggunaan gadget serta mengajak anak berinteraksi sosial.

Keywords


Gadget, Pendidikan dan emosional.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, E. (2019). Mengatasi kecanduan gadget pada Anak. Serayu Publishing

Cahyono, B. (2015). Daily Parenting: Menjadikan Orangtua Pendidik Yg Luar Biasa. Pandamedia

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330.

Daulay, R. S., Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat Teknologi Smartphone dalam kegiatan Pembelajaran Pendidikan Islam Di Masa Pandemi Corona-19. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 29–43. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v1i1.7.

Hidayat, A. R., & Junianto, E. (2017). Pengaruh gadget terhadap prestasi siswa smk yayasan islam tasikmalaya dengan metode tam. Jurnal Informatika, 4(2). https://doi.org/10.31294/ji.v4i2.2096.

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363–372. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996.

Hudaya, A. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Research and Development Journal of Education, 4(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380.

Jarmi, A., & Rahayuningsih, S. I. (2017). Hubungan penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 2(3).

Kusumawati, E., Fathurrahman, T., & Tizar, E. S. (2020). Hubungan antara Kebiasaan Makan Fast Food, Durasi Penggunaan Gadget dan Riwayat Keluarga dengan Obesitas pada Anak Usia Sekolah (Studi di SDN 84 Kendari). Tunas Medika Jurnal Kedokteran & Kesehatan, 6.

Mais, A. (2016). Media pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK): Buku referensi untuk guru, mahasiswa dan umum.




DOI: https://doi.org/10.46576/dl.v2i2.7261

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF – 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Buyung Solihin Hasugian, Suhariyanti Suhariyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Dialect Terindeks pada:

Jurnal Dialect Diterbitkan oleh:
UPT. Bahasa 

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : uptbahasa@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.