PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS MELALUI PARAGRAF PERSUASIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA
Abstract
Keterampilan menulis merupakan aktivitas pembelajaran yang dianggap sulit oleh mahasiswa/i. Permasalahan ini tampak pada hasil tulisan mahasiswa/i yang tidak sepenuhnya mencerminkan ide atau gagasan yang dipikirkan. Apa yang ditulis sering tidak menunjukkan apa yang diinginkan. Hal ini terbukti bahwa mahasiswa/i belum mampu menulis secara efektif. Ketidakefektifan tulisan tersebut disebabkan oleh tidak jelasnya penggunaan tanda baca, ejaan, pilihan kata, dan struktur kalimat yang masih rancu. Permasalahan tersebut ditambah lagi dengan belum dipahaminya struktur serta Langkah-langkah dalam penulisan paragraf persuasif. Salah satu solusi yang diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa mengenai bagaimana struktur serta bagaimana Langkah-langkah penulisan paragraf persuasive yang baik dan benar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hal tersebut yang berupa literasi mampu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis paragraf persuasif pada mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angkasa. Simons, H. W. (1976). Persuasion : Understanding, Practice, and Analysis. New York
Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. (1999). Cermat Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta : Akademika Pressindo
Artati, Y. Budi. (2012). Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Semester 2 (PG). Klaten : Intan Pariwisata
Ezi Hendri, M. (2019). Komunikasi Persuasif . Jakarta: PT Remaja Rosdakarya..
Gereda, Agustinus. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia Melalui Paragraf Persuasif. Jakarta: PT Angkasa.
Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta : Andi
Kemdikbud (2021). Bahasa Indonesia, Salah Satu Bahasa Negara yang berkembang pesat di dunia Malang : Tim UB Press
Permendiknas No 22 Tahun (2006) Tentang Standar Isi
Rita. (2021). Bahasa Indonesia Perguruan Tinggi. Medan: UISU.
Soraya, R., Mardiana, N., Kartika, R., & Elfira, R. (2022). The Word Sort Strategy to Improve Student’s Achievement in Writing Descriptive Text. Ensiklopedia of Journal, 4(2), 205-210.
Tarigan, H. G. (1992). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
DOI: https://doi.org/10.46576/dl.v1i2.4633
Article Metrics
Abstract view : 152 timesPDF – 106 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Abiyu Gusti Khairiza, Widya Astuti, Nur Rahmat Rinaldi, Rita Rika Kartika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dialect Terindeks pada:
Jurnal Dialect Diterbitkan oleh:
UPT. Bahasa
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : uptbahasa@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.