Penerapan Metode Klasifikasi Support Vector Machine dalam Analisis Sentiment Ulasan Pengguna Layanan Goride Pada Aplikasi Gojek di Google Playstore

M. Adreansyah Pratama Lubis, Ria Eka Sari

Abstract


Ulasan pengguna terhadap layanan Goride di Google Playstore merupakan sumber data krusial untuk evaluasi kualitas layanan, namun analisis manual terhadap volume data besar tidak efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem klasifikasi sentimen otomatis menggunakan metode Support Vector Machine (SVM) untuk mengkategorikan ulasan pengguna Goride menjadi sentimen positif atau negatif. Sebanyak 659 ulasan dari periode Januari Desember 2024 dianalisis melalui serangkaian tahapan pra-pemrosesan data, pelabelan data, dan ekstraksi fitur menggunakan Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF). Model SVM dioptimalkan menggunakan GridSearchCV mencapai performa puncak dengan akurasi 87,88%, presisi 66,67%, recall 85,71%, dan F1-Score 75,00% pada konfigurasi terbaik (C=0.1, kernel linear). Hasil ini mengonfirmasi bahwa SVM merupakan metode yang efektif dan tangguh untuk analisis sentimen pada ulasan layanan transportasi daring, serta menyediakan alat praktis yang berpotensi mendukung pengambilan keputusan strategis berbasis data untuk peningkatan layanan Gojek.

Keywords


Analisis Sentimen, Support Vector Machine (SVM), TF-IDF, Goride, Streamlit

Full Text:

PDF

References


Adhi Putra, A. D. (2021). Sentiment Analysis on User Reviews of the Bibit and Bareksa Application with the KNN Algorithm. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(2), 636–646.

Alamsyah, A. S., Budiman, S. N., & Romadhona, R. D. (2024). Penerapan Algoritma Support Vector Machine Untuk Analisis Sentimen Data Ulasan Aplikasi Binance Pada Google Play Store. Journal Of Social Science Research, 4(5), 6145–6158.

Dwianto, E., & Sadikin, M. (2021). Analisis Sentimen Transportasi Online pada Twitter Menggunakan Metode Klasifikasi Naïve Bayes dan Support Vector Machine. Format: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 10(1), 94. https://doi.org/10.22441/format.2021.v10.i1.009

Hakim, A. R., & Syarif, A. R. (2023). Analisis Perbandingan Algoritma Machine Learning Terhadap Sentimen Analisis Pemindahan Ibu Kota Negara. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 7(2), 179–185. https://doi.org/10.35870/jtik.v7i2.701

Harimurti, C., & Sofyan, M. (2022). The Merging of Gojek and Tokopedia Forms Go To. Is This a Threat to National Banking and Fintech? Management, Business and Social Science (IJEMBIS) Peer-Reviewed-International Journal, 2(3). https://cvodis.com/ijembis/index.php/ijembis/article/view/380

Haviana, S. F. C., & Poetro, B. S. W. (2022). Deep Learning Model for Sentiment Analysis on Short Informal Texts. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Informatics, 10(1), 82–89. https://doi.org/10.52549/ijeei.v10i1.3181

Idris, I. S. K., Mustofa, Y. A., & Salihi, I. A. (2023). Analisis Sentimen Terhadap Penggunaan Aplikasi Shopee Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM). Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering, 5(1), 32–35. https://doi.org/10.37905/jjeee.v5i1.16830

Iskandar, J. W., & Nataliani, Y. (2021). Perbandingan Naïve Bayes, SVM, dan k-NN untuk Analisis Sentimen Gadget Berbasis Aspek. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(6), 1120–1126. https://doi.org/10.29207/resti.v5i6.3588

Joergensen E Munthe, C., Astuti Hasibuan, N., & Hutabarat, H. (2022). Penerapan Algoritma Text Mining Dan TF-IDF Dalam Menentukan Promo Produk Pada Marketplace. Resolusi: Rekayasa Teknik Informatika Dan Informasi, 2(3), 110–115. https://doi.org/10.30865/resolusi.v2i3.309

Katadata.co.id. (2022). Riset INDEF: Gojek Pimpin Pasar Taksi dan Ojek Online Tahun Ini. Retrieved December 7, 2022, from https://katadata.co.id/digital/startup/63903b6aec7e5/riset-indef-gojek-pimpin-pasar-taksi-dan-ojek-online-tahun-ini

Mehta, P., & Pandya, S. (2020). A Review On Sentiment Analysis Methodologies, Practices And Applications. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 601–609.

Pranata, A., Budianita, E., Yusra, & Cynthia, E. P. (2022). Klasifikasi Sentimen Terhadap Maxim Menggunakan Algoritma SVM Pada Media Sosial Twitter. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 5(3), 332–341. https://ojs.serambimekkah.ac.id/jnkti/article/view/4253

Rizki, M. F., Auliasari, K., & Primaswara Prasetya, R. (2021). Analisis Sentiment Cyberbullying Pada Sosial Media Twitter Menggunakan Metode Support Vector Machine. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 5(2), 548–556. https://doi.org/10.36040/jati.v5i2.3808

Rokhman, K. A., Berlilana, B., & Arsi, P. (2021). Perbandingan Metode Support Vector Machine Dan Decision Tree Untuk Analisis Sentimen Review Komentar Pada Aplikasi Transportasi Online. Journal of Information System Management (JOISM), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.24076/joism.2021v3i1.341

Utami, M. A. A. T., Silvianti, P., & Masjkur, M. (2023). Algoritme Support Vector Machine untuk Analisis Sentimen Berbasis Aspek Ulasan Game Online Mobile Legends: Bang-Bang. Xplore: Journal of Statistics, 12(1), 63–77. https://doi.org/10.29244/xplore.v12i1.1064




DOI: https://doi.org/10.46576/device.v6i2.7682

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Adreansyah Pratama Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Terindeks pada:

   

Member Of :


DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY

Published by :
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
E-mail  : admin_device@dharmawangsa.ac.id

 Creative Commons License

Device : Journal Of Information System, Computer Science And Information Technology by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device