Peran Chatbot AI dalam Mengotomatiskan Layanan Pelanggan dan Meningkatkan Efisiensi Operasional E-commerce

Alya Putri Rizaldy, Safina Riadi, Novan Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran chatbot kecerdasan buatan (AI) dalam mengotomatiskan layanan pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional dalam konteks e-commerce. Dengan perkembangan teknologi AI, chatbot telah menjadi alat yang semakin penting bagi bisnis e-commerce untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan mengoptimalkan operasi mereka. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk jurnal ilmiah artikel, dan laporan industri.

Keywords


Chatbot AI; E-commerce, Layanan Pelanggan; Studi Literatur; Studi Tinjauan

Full Text:

PDF

References


Agarwal, A., Maiya, S., & Aggarwal, S. (2021). Evaluating Empathetic Chatbots in Customer Service Settings. 1–8. http://arxiv.org/abs/2101.01334

As-syiva, M. H., & Nasution, M. I. P. (2023). Analisis Peran Chatbot dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Konsumen di E-Commerce. Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(11), 71-80.

Budi Satrio, D. R., Mukhtar, U., & Aryo Abdi, A. M. (2025). PENERAPAN KECERDASAN BUATAN DALAM E-COMMERCE : EFISIENSI. 9(1), 788–800. https://doi.org/https://doi.org/10.36040/jati.v9i1.12398

Cheng, X., Bao, Y., Zarifis, A., Gong, W., & Mou, J. (2022). Exploring consumers’ response to text-based chatbots in e-commerce: the moderating role of task complexity and chatbot disclosure. Internet Research, 32(2), 496–517. https://doi.org/10.1108/INTR-08-2020-0460

Firdaus, J., Halifatun Nisa, H., Najiatun, & Sani’atin, A. (2016). Optimalisasi Chatbot untuk Meningkatkan Pelayanan Konsumen di Platform E-Commerce. Bajangjournal.com, 4(1), 1–23. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/9935

Fitra Ramadhan, F. (2021). Chatbot pada E-Commerce berbasis Android dengan Pendekatan Natural Language Processing. JCSE Journal of Computer Science an Engineering, 2(1), 27–39. http://icsejournal.com/index.php/

Hamsar, I., Febrianti, N., Khasanah, A. U., Rauf, A., & Nurjannah, E. (2024). Analisis Pengaruh Chatbot AI terhadap Mahasiswa Menggunakan E-commerce Pengalaman. 2(2), 82–89. https://doi.org/https://doi.org/10.61220/voice.v2i2.20247

Harisi, M. R., & Hiwono, E. M. (2024). Pengaruh Chatbot Usage terhadap Customer Satisfaction. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 1(Februari), 66–73. https://doi.org/https://doi.org/10.62017/jimea.v1i2.338

Hidayat, M. T., Wahid, Z. F., & R, M. G. N. (2025). Pemanfaatan Teknologi Chatbot pada E-Commerce untuk Mendukung. 4, 208–213. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/d051rz21

Jo, B. (2024). Pengertian AI Menurut Para Ahli dan Manfaat kecerdasan Buatan. Tirto.id. https://tirto.id/pengertian-ai-menurut-para-ahli-dan-manfaat-kecerdasan-buatan-gUj3

Khairyanti, R. A., Syaharani, P., & Arafah, W. (2024). Dampak Kualitas Layanan Artificial Intelligence Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada E-Commerce Di Indonesia. Business, Economics dan Entrepreneurship, 6(1), 102-109.

Nagy, S., & Hajdú, N. (2021). Consumer Acceptance of the Use of Artificial Intelligence in Online Shopping: Evidence From Hungary. Amfiteatru Economic, 23(56), 1–1. https://doi.org/10.24818/EA/2021/56/155

Rosanti, M. D., Wijoyo, S. H., & Rachmadi, A. (2025). Analisis Pengaruh Automated Customer Service Berbasis Artificial Intelligence Pada Aplikasi E-commerce ( Studi Kasus Aplikasi Lazada ). 9(5), 1–10. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14760




DOI: https://doi.org/10.46576/device.v6i1.6628

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF – 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Alya Putri Rizaldy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Terindeks pada:

   

Member Of :


DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY

Published by :
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
E-mail  : admin_device@dharmawangsa.ac.id

 Creative Commons License

Device : Journal Of Information System, Computer Science And Information Technology by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device