PENGARUH SOFTWARE ARSITEKTUR BERBASIS AI TERHADAP PROSES DESAIN DAN PEMBELAJARAN

Andy Satria, Aadiyaat Pariccar Sinambela, Raihan Apriansyah Irhami

Abstract


Software Arsitektur Berbasis AI (SABAI) adalah perangkat lunak yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk membantu desainer arsitektur dalam menghasilkan rencana, sketsa, dan render 3D secara otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh SABAI terhadap proses desain dan pembelajaran arsitektur, dengan menggunakan studi kasus maket ai, salah satu platform SABAI yang populer. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 6 mahasiswa arsitektur yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan maket ai dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan maket ai. Data yang dikumpulkan adalah skor tes kemampuan desain dan kuesioner kepuasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dalam hal skor tes kemampuan desain dan kepuasan belajar. Kelompok eksperimen yang menggunakan maket ai memiliki skor tes kemampuan desain yang lebih tinggi dan kepuasan belajar yang lebih besar daripada kelompok kontrol yang tidak menggunakan maket ai. Simpulan penelitian ini adalah SABAI, khususnya maket ai, memiliki pengaruh positif terhadap proses desain dan pembelajaran arsitektur. Rekomendasi penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan memanfaatkan SABAI sebagai alat bantu desain dan pembelajaran arsitektur yang efektif dan inovatif.


Keywords


Software Arsitektur Berbasis AI, Maket ai, Proses desain arsitektur, Pembelajaran arsitektur

Full Text:

PDF

References


Balderson, Keelan. 2023. “7 Generator Gambar AI Terbaik Untuk Arsitektur.” MS Power User. https://mspoweruser.com/id/ai-image-generator-architecture/.

Choueiry, George. 2023. “Pretest-Posttest Control Group Design: An Introduction.” quantifyinghealth. https://quantifyinghealth.com/pretest-posttest-control-group-design/.

Effendi, Andrey Caesar, and Prasasto Satwiko. 2021. “Peran Artifical Intelligence Dalam Tahap Perencanaan Dan Perancangan Desain Arsitektur.” JoDA Journal of Digital Architecture 1(1): 52.

Frew, Samantha. 2023. “15 Top AI Tools for Architects and Designers.” architizer. https://architizer.com/blog/practice/tools/top-ai-tools-for-architects-and-designers/.

Halimah, Siti. 2023. “Ini Dia AI Yang Dapat Membantu Mempermudah Pekerjaan Arsitek, Yuk Simak Penjelasannya!” Kabarbuana.com. https://www.kabarbuana.com/iptek/9068862224/ini-dia-ai-yang-dapat-membantu-mempermudah-pekerjaan-arsitek-yuk-simak-penjelasannya.

Lili, Ceceng. 2011. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KEMAMPUAN EMPATI SISWA.” Study 5. https://repository.upi.edu/10254/4/t_p1361_0808245_chapter3.pdf.

Putri, Masyita Insyra. 2022. “PENGEMBANGAN DESAIN UI/UX PADA PEMBELAJARAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BERBASIS WEB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN.” Study: 9. https://repository.upi.edu/78192/27/S_KOM_1801341_Chapter1.pdf.

Ratu ai. 2023. “AI Dalam Bidang Arsitektur: Desain Dan Perencanaan Bangunan Cerdas.” AiRatu. https://ratu.ai/ai-dalam-bidang-arsitektur/.

Rusdy, Ilyas Hidayat. 2023. “RANCANG BANGUN VIRTUAL ASSISTANT BERBASIS VOICE DAN FACE RECOGNITION UNTUK RUMAH PINTAR.” Study: 7. https://repo.undiksha.ac.id/13838/.

Samodro, Viky Arya. 2023. “KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING DI KELAS X SMK NEGERI 1 SEDAYU.” Study. https://eprints.uny.ac.id/63368/5/15. BAB III.pdf.

Services, Artificial intelligence tools &, and Services. 2023. “Ai Review.” ai-review. https://ai-review.com/real-estate/maket/.




DOI: https://doi.org/10.46576/device.v4i2.4107

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF – 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andy Satria -, Aadiyaat Pariccar Sinambela, Raihan Apriansyah Irhami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Terindeks pada:

   

Member Of :


DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY

Published by :
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
E-mail  : admin_device@dharmawangsa.ac.id

 Creative Commons License

Device : Journal Of Information System, Computer Science And Information Technology by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device