PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DI TOKO FURNITURE WIJAYA BERBASIS WEB

Syakban Zaman, J. Prayoga, Sri Wahyuni

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini pada di  Toko Furniture Wijaya adalah untuk membuat program Point of Sale berbasis web dan untuk membangun sistem agar dapat mempermudah dalam pengelolaan laporan data dan penjualan yang tercatat pada database MySQL.  Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah waterfall. Model air terjun (waterfall) kadang dinamakan siklus hidup klasik (classic life cyle), dimana hal ini menyiratakan pendekatan yang sistematis dan berurutan (sekuensial). Adapun teknik pengumpulan data a) Studi Literatur dan b) Studi Lapangan. Activity diagram adalah teknik untuk mendeskripsikan logika prosedural, proses bisnis dan aliran kerja dalam banyak kasus. Sequence diagram digunakan untuk menggambarkan perilaku aktor pada sebuah sistem secara detail menurut waktu. Class diagram memberikan gambaran hubungan antara tabel-tabel yang ada dalam database. Hasil karya ini yaitu a) perancangan Sistem Informasi Penjualan Di Toko Furniture Wijaya Berbasis Web memudahkan admin dan kasir dalam melihat grafik penjualan perbulan dan pertahun berdasarkan kategori.  b) Sistem informasi Penjualan Di Toko Furniture Wijaya Berbasis Web memudahkan admin dalam mencetak laporan penjulan berdasarkan rentar bulan dan tahun yang diinginkan.

Kata kunci : Perancangan Sistem Informasi, Furniture Wijaya, Web



Keywords


Perancangan Sistem Informasi, Furniture Wijaya, Web

Full Text:

PDF

References


Audrilia, M., & Budiman, A. (2020). Perancangan sistem informasi manajemen bengkel berbasis web (Studi kasus: Bengkel Anugrah). Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(1), 1–12.

Dedi Setiadi, D. S., Asep Mursid, A. M., & Tata Sutabri, T. S. (2019). Perancangan sistem pendataan inventori aset jaringan fiber optik pada pt. mnc kabel mediacom. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 5(1), 55–61.

Maharani, K. (2023). Sistem Informasi Menjadi Tantangan Manajemen. Circle Archive, 1(1).

Novita, N., Juliana, J., & Sirnayatin, T. A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Pada Toko 3r Berbasis Netbeans. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 5(1).

Putri, S. S. B. (2023). Analisis Dan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen. Circle Archive, 1(1).

Safitri, L., & Basuki, S. (2020). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Text Chatting Berbasis Android Web View. Insan Pembangunan Sistem Informasi Dan Komputer (IPSIKOM), 8(2).

Sugara, A., & Dewantara, R. Y. (2017). Analisis kepercayaan dan kepuasan terhadap penggunaan sistem transaksi jual beli online (Studi pada konsumen “Z”). Brawijaya University.

Wahyuni, S. (2022). Sistem Informasi Penjualan Kursi Bambu Furniture Medan Berbasis Web. Warta Dharmawangsa, 16(3), 591–602.




DOI: https://doi.org/10.46576/device.v4i2.4052

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF – 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syakban Zaman, J. Proyoga, Sri Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Terindeks pada:

   

Member Of :


DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY

Published by :
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
E-mail  : admin_device@dharmawangsa.ac.id

 Creative Commons License

Device : Journal Of Information System, Computer Science And Information Technology by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device