Analisis Pengujian Hipotesis Sampel Terpisah dengan Perluasan Median terhadap Clustering Data E-Commerce

Mardiani Mardiani, Dien Novita

Abstract


Fungi dari e-commerce telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan dan bidang. Transaksi jual beli yang menggunakan media online sangat membantu dan memudahkan proses, baik bagi penjual maupun pembeli. E-Commerce juga sangat membantu terutama pada saat pandemic COVID 19 dimana terjadi pembatasan di berbagai saat dan tempat. Setelah masa pandemic berakhir pun, e-commerce tetap diminati dan digunakan untuk transaksi jual beli. Kalangan muda terutama mahasiswa merupakan kalangan yang paling memungkinkan penggunaan teknologi dalam berbelanja karena terbiasa dengan teknologi. Mahasiswa dari rentang usia muda baik Perempuan maupun laki-laki memiliki kecendrungan memilih Aplikasi e-commerce mana yang menarik dan mudah digunakan. E-commerce seperti Shoppe, Tokopedia dan lainnya merupakan platform terbanyak yang dipilih mahasiswa dan juga Masyarakat Indonesia. Banyaknya aplikasi yang digunakan oleh mahasiswa khususnya bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan aplikasi terbaik dan favorit. Pengujian hipotesis sampel independen akan menggunakan pengelompokan data mining untuk atribut usia dan jenis kelamin. Kemudian dari pengelompokan tersebut akan diuji hipotesis perbedaan signifikan jumlah e-commerce yang digunakan dari pengelompokan atribut mahasiswa dengan menggunakan perluasan median. Hasil pengujian menunjukkan bahwa memang ada perbedaan signifikan jumlah e-Commerce yang digunakan mahasiswa dan pengelompokan atribut antara usia dan jenis kelamin lebih didominasi oleh usia.


Keywords


Pengujian Hipotesis, Perluasan Median, Pengelompokan

Full Text:

PDF

References


Harso, G. F. (2022). Analisis Komparasi Kualitas Layanan Dan Harga Antara Shopee Dan Tokopedia. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 02(02), 26–38. https://aksiologi.org/index.php/gemahripah/article/view/235%0Ahttps://aksiologi.org/index.php/gemahripah/article/download/235/374

Julia, A. P., & Hendratno, H. (2020). Analisis Perbandingan Profitabilitas Sebelum Dan Sesudah Menggunakan E-commerce (Studi Kasus: Pt. Ace Hardware Indonesia, Tbk Pada Situs E-commerce Resmi ruparupa.com). e-Proceeding of Management, 7(1), 106–113.

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/11515%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/11515/11382

Maulana, A., Arjun, N. R., Akbar, F., Suryanti Ayu, N., & Firmansyah, H. (2021). Peran E-Commerce di Tengah Pandemi terhadap Gaya Hidup Masyarakat Indonesia Masa Kini. Journal of Education and Technology, 1(1), 55–61. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet

Mawuntu, K. A., Pangemanan, S. S., Tielung, M. V. J., & Program, M. (2020). COMPARATIVE ANALYSIS OF e-ADVERTISEMENT BETWEEN TOKOPEDIA AND SHOPEE. Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1), 429–439.

Nurdiansyah, A., Pratiwi, A., & Kaunaini, B. (2022). Literature Review Pengaruh Kepercayaan , Kemudahan dan Kepuasan. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1), 297–303.

Nurjaman, K. (2022). Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.54783/ap.v3i1.6

Purnama, N. I., & Putri, L. P. (2021). Analisis Penggunaan E-Commerce Di Masa Pandemi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora, 553–558. http://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/sintesa/article/view/357

Purwandari, A. W. I. A. S. T. A., & Ayu, P. P. (2021). Peranan E-commerce di berbagai kalangan di Indonesia dalam berbagai bidang perekonomian akibat dari dampak pandemi Covid-19. Journal of Education and Technology, 1(1), 1–13.

Vinola, I. Z., & Sularto, L. (2021). The Quality Analysis of Shopee and Tokopedia Website to the User Satisfaction during Covid-19 Pandemic by Webqual 4.0 Method. International Research Journal of Advanced Engineering and Science, 6(2), 122–126.

Wijaya, I. G. N. S., Triandini, E., Kabnani, E. T. G., & Arifin, S. (2021). E-commerce website service quality and customer loyalty using WebQual 4.0 with importance performances analysis, and structural equation model: An empirical study in shopee. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 7(2), 107–124. https://doi.org/10.26594/register.v7i2.2266




DOI: https://doi.org/10.46576/device.v4i2.3834

Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF – 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mardiani Mardiani, Dien Novita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Terindeks pada:

   

Member Of :


DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY

Published by :
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
E-mail  : admin_device@dharmawangsa.ac.id

 Creative Commons License

Device : Journal Of Information System, Computer Science And Information Technology by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device