Sistem Informasi Jasa Peminjaman Baju Pengantin Di Intan Teratak

M. Hafiz Alhamda, Ananda Hadi Elyas, Buyung Solihin Hasugian

Abstract


 

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk Merancang Sistem Informasi Peminjaman Pada Intan Teratak, Mempermudah pemilik usaha  untuk mencatat data peminjaman barang, Mempermudah pemilik usaha dalam membuat laporan data peminjaman yang dibutuhkan. Adapun Program yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini. Aplikasi ini menggunakan Visual Basic 2008 sebagai interfacenya, Microsoft Access 2016 untuk basis datanya, dan Crystal Report untuk menampilkan laporan. Uji coba yang dilakukan untuk aplikasi ini dengan mencoba program apakah sudah sesuai dengan sistem yang dimaksud dalam perancangan sistem dan verifikasi untuk memeriksa apakah masih ada kesalahan pada program yang dibuat.. Hasil program ini menunjukkan bahwa perangkat lunak dengan basis data yang terhubung sehingga dapat menyimpan berbagai arsip dan informasi yang dibutuhkan oleh pemilik. Aplikasi ini mencangkup sistem peminjaman barang, sistem pencatatan stok, sistem peminjaman dan sistem pengembalian.


Keywords


Peminjaman, Sistem Informasi, Komputerisasi

Full Text:

PDF

References


Icha Isty Nur Afifah1), S. (2018,). Sistem Informasi Penjualan Busana Pengantin. Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 10 No 1 - 2018, Volume 10, 1-6.

Yunita, Irna, and Ilin Sukma. "Sistem Informasi Wedding Organizer Pada Yusma Salon Berbasis Web." Simtek: jurnal sistem informasi dan teknik komputer 1.2 (2016): 173-181.

Muthiah,I,Prasetya,R.,&Asma, F. R. (2021). Implementasi Aplikasi Penyewaan Baju Pengantin Pada CV. Tini Suherlan Berbasis Java (Netbeans). Jurnal Repositor, 3(1), 31-42.

Mluyati, Sri Sri. "Rancang Bangun Sistem Informasi Penyewaan Wedding Organizer Berbasis Web Dengan Php Dan Mysql Pada Kiki Rias." Jurnal Teknik 7.2 (2019).

Abdul, Kadir. "Pengenalan sistem informasi." Penerbit Andi, Yogyakarta (2003).

KARMAWAN, I. Gusti Made. Perancangan Sistem Informasi Serba Usaha pada Koperasi Tangerang. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 2014, 5.2: 963-972.

Aman, M. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Wedding Organizer Menggunakan Pendekatan Sistem Berorientasi Objek Pada CV Pesta. Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi, 1(1), 47-60.

Laraswati, Dewi, and Marlina Marlina. "Rancang Bangun Sistem Informasi pelayanan Paket Pernikahan Pada Mindo Wedding Organizer." Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 5.1 (2019): 1-8




DOI: https://doi.org/10.46576/device.v4i1.3439

Article Metrics

Abstract view : 159 times
PDF – 253 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M. Hafiz Alhamda, Ananda Hadi Elyas, Buyung Solihin Hasugian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY
Terindeks pada:

   

Member Of :


DEVICE : JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATION TECHNOLOGY

Published by :
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
E-mail  : admin_device@dharmawangsa.ac.id

 Creative Commons License

Device : Journal Of Information System, Computer Science And Information Technology by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device