OPTIMALISASI BISNIS MODEL CANVAS UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF BERKELANJUTAN
Abstract
Dalam era globalisasi dan transformasi digital, persaingan antar perusahaan semakin ketat. Perusahaan perlu menciptakan keunggulan kompetitif berkelanjutan untuk mempertahankan pangsa pasar dan meraih kesuksesan jangka panjang. Penelitian ini beranjak dari kebutuhan perusahaan event organizer untuk tetap kompetitif. . CV Kinaria Event Organizer menjalankan bisnisnya yang fokus pada penyelenggaraan acara di tingkat korporate seperti seminar, peluncuran produk, dan gathering perusahaan. Target konsumen yang dibidik adalah dari kalangan perusahaan, komunitas profesional, dan asosiasi bisnis.. Namun, perusahaan ini belum sepenuhnya memanfaatkan model bisnis strategis untuk mengelola sumber daya, meningkatkan efisiensi, dan memahami nilai tambah yang dapat ditawarkan kepada pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Menganalisis SWOT CV Kinaria Event Organizer yang memengaruhi keunggulan kompetitif berkelanjutan. 2. Mengembangkan Bisnis Model Canvas (BMC) berdasarkan analisis SWOT untuk mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan. 3. Mengkaji strategi optimalisasi BMC berbasis analisis SWOT untuk mendukung CV Kinaria mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan manajemen perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis SWOT mengidentifikasi kekuatan yang dapat dikembangkan, yaitu keandalan dalam penyelenggaraan acara dan hubungan baik dengan klien. mengidentifikasi kelemahan yang perlu diperbaiki, yaitu inovasi dalam layanan digital, serta peluang dan ancaman yang memengaruhi keberlanjutan daya saing. Perusahaan dapat mengembangkan BMC mencakup peningkatan proposisi nilai, penajaman segmen pelanggan, serta penyempurnaan hubungan pelanggan dan saluran distribusi. Perusahaan juga dapat menyusun strategi yang berfokus pada inovasi layanan berbasis digital, perluasan jaringan, serta pengelolaan sumber daya secara efektif. Dengan strategi ini, perusahaan akan mampu mempertahankan keunggulan kompetitif secara berkelanjutan dan meningkatkan daya saing di pasar yang semakin ketat
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmatang, Nurmila Sari. (2022). Pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja usaha dimediasi keunggulan bersaing pada UMKM di pulau Sebatik. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen, 18(3), 492-500
Aliwinoto, C., Hediyani, M., & Malinda, M. (2022). Analisis Business Model Canvas Usaha Mikro Kecil Menengah Toko Jif Bandung, Indonesia. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 1, 173–182. https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.35 Athia et al., 2018
Athia, I., Saraswati, E., & Normaladewi, A. (2018). Penerapan Business Model Canvas (Bmc) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang. Jurnal Ketahanan Pangan, 2(1), 66–75. https://e-equalsmc3.com/alex-osterwalders-business-model-canvas/
Azhar, R. M., Suparno, O., & Djohar, S. (2018). Pengembangan Model Bisnis pada Lokawisata Baturaden Menggunakan Business Model Canvas. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 137. https://doi.org/10.29244/mikm.12.2.137-144
Benzaghta, M. A., dkk. (2021). SWOT Analysis Applications: An Integrative Literature Review. Journal of Global Business Insights, 6(1), 54-72.Creswell & J. David, 2018
Elavarasan, R. M., dkk. (2020). SWOT Analysis: A Framework for Comprehensive Evaluation of Drivers and Barriers for Renewable Energy Development In Significant Countries. Energy Reports, 6, 1838-1864.Farida & Setiawan, 2022 Fitri, Nursiah. (2020). Pengembangan Daya Saing Destinasi MICE di Kota Medan, Polimedia, Vol 23 No. 2 Mei 2020
Fitri, Nursiah. (2020). Penerapan Konsep Quadruple Helix Untuk Mengembangkan Kreatifitas dan Inovasi Industri MICE. https://www.researchgate.net › publication (diunduh 3 Juni 2024).
Hafizd, J. Z. (2020). Peran Bank Syariah Mandiri (BSM) Bagi Perekonomian Indonesia Di Masa Pandemi COVID-19. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 5(2), 138–148.
Haripatworo, Lucia & Bernadeta Irmawati. (2019). Analisis Business Model Canvas PT. Dhenara Prima Mandiri. Semarang: Unika Soegijapranata.
Hasanti, Innaka, Dwi. (2019). Analisis Komunikasi Organisasi Antara Event Project Team dan Account Executive di Event Organizer Twisbless. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 9 (1), 32-41
Henry, Anthony E. (2018). Understanding Strategic Management. Oxford : Oxford University Press.
Novitaningtyas, I. Hastutik, T. P. (2021). Ana Batik Magelang’s Business Development Strategy Based on SWOT and Business Model Canvas. International Journal of Marketing & Human Resource Research, 2(4), 224- 235. https://doi.org/10.47747/ijmhrr.v2i4.348 Hazratil Mufidah, Supardi, & Isfaatun, 2023
Koswaraputra, D. I., Sinaga, B. M., & Andati, T. (2019). Pengembangan Bisnis Media The Jakarta Post Digital. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 177–186. https://doi.org/10.17358/jabm.5.2.177 Leavy, P. (2017). Research design: Quantitative, qualitative, mixed methods, arts-based, and community-based participatory research approaches. New York : The Guildford Press.Medhika et al., 2018.
McFarlane, D. A. (2017). Osterwalder’s Business Model Canvas: Its Genesis, Features, Comparison, Benefits and Limitations. Westcliff International Journal of Applied Research page, 24.
Meethavornkul, P., dkk. (2018). The Business Guideline of New Entrepreneur Toward Business Model Canvas. International Journal of Business and Economic Affairs, 3 (1).
Puspaningrum, Astrid. (2020). Social Media Marketing and Brand Loyalty: The Role of Brand Trust. Journal of Asian Finance, Economics and Business Vol 7 No 12, 951–958
Rochayatun, Sulis. Pratikto, Heri. Wardoyo, Cipyo. Handayati, Puji. (2023). Competitive advantage as a mediating variable of corporate social responsibility programs’ effect on SME sustainability. Journal of Social Economics Research, Conscientia Beam, vol. 10(2), pages 34-46. Susbiyani Arik, Nastiti Ari Sita, Animah. (2021). Smes’ Strategies For Improving Financial Performance Through Competitive Advantages. Mimbar, Jurnal Sosial dan Pembangunan, 37 (2). 430-441 Tahwin, M., & Widodo, A. (2020). Perancangan Model Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menengah. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 154–166. https://doi.org/10.34152/fe.15.1.154-166
Wardhanie, A. P., & Kumalawati, D. (2018). Analisis business model canvas pada perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(2), 124. https://doi.org/10.22146/bip.32247 Warnaningtyas, 2020
DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i2.5503
Article Metrics
Abstract view : 98 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 52 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 IKA MARY PASARIBU, Nursiah Fitri, Safaruddin Safaruddin, Enda Yunita Surbakti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:
Member Of:
BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id
Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index