ANALISIS PENGARUH KOREAN BRAND AMBASSADOR, FOMO, DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP IMPULSE BUYING PRODUK SOMETHINC DI AKUN SHOPEE RADYSA COSMETIC

Nindya Puspa Rini, Tika Nirmala Sari

Abstract


Studi ini bertujuan untuk memahami pengaruh Korean Brand Ambassador, Fear of Missing Out (FOMO), dan Social Media Marketing secara simultan terhadap Impulse buying produk Somethinc di akun Shopee Radysa Cosmetic. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif. Untuk pengambilan data, penulis menggunakan metode survei. Metode survei merupakan suatu teknik penelitian yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data.  Penelitian ini dilakukan di PT Radysa Dharma Abadi. Dalam penelitian ini, jumlah sampelnya adalah 100 responden. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa variabel Korean Brand Ambassador memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying produk Somethinc di akun Shopee Radysa Cosmetic. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa variabel Fear Of Missing Out (FoMO) tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap impulse buying produk Somethinc di akun Shopee Radysa Cosmetic. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa variabel Social Media Marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying produk Somethinc. Berdasarkan analisis data uji hipotesis, secara simultan pengaruh Korean Brand Ambassador, Fear of Missing Out (FOMO), dan Social Media Marketing terhadap Impulse Buying produk Somethinc di akun Shopee Radysa Cosmetic terbukti positif dan signifikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel bebas yaitu Korean Brand Ambassador (X1), Fear Of Missing Out (X2), dan Social Media Marketing (X3) berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Impulse Buying.


Keywords


Korean Brand Ambassador, Fear Of Missing Out, Social Media Marketing, Impulse Buying.

References


Amalia, Amanda, and Indri Utami Sumaryanti. 2022. “Pengaruh Self-Esteem Terhadap Fear of Missing Out Pada Emerging Adulthood Pengguna Instagram .” Bandung Conference Series: Psychology Science 2(2): 252–60. https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i3.2972.

Arohman, Adelita Nurani. 2018. “Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Impulsie Buying Pada Produk Lady Fame Shop (Studi Pada Mahasiswi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pringsewu) Tahun 2018.” Ekonomi Mnajemen 01 09(02): 24–34.

Ayunda, Nabila, and Onan Marakali Siregar. 2023. “Pengaruh Social Media Marketing, Diskon, Dan Gaya Hidup Terhadap Impulse buying (Studi Pada Pengguna Shopee Di Kota Medan).” Jurnal Disrupsi Bisnis 6(6): 563–68.

Budiarti, R., & Sari, T. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(1), 01-14.

Christian and Sulistiyani Tina. (2020). Pengantar Manajemen. Universitas Ahmad Dahlan.

Dewi, Gusti Ayu Silvia Puspita. 2023. “Perilaku Impulsive Buying Pada Mahasiswa Pengguna Skincare Di Surabaya Berkaitan Dengan Fenomena Fear of Missing Out.” Fenomena 32(2): 72–79.

Dina, Siva Bella, and R. A. Marlien. 2023. “Peran Celebrity Endorser, Social Media Marketing Dan Gaya Hidup Terhadap Impulse buying: Studi Pada Pengguna Body Lotion Scarlet Whitening .” Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal 6(3): 1274–90.

Firnanda, Alifiya Ayu, and Wenti Krisnawati. 2023. “Faktor – Faktor Determinan Pada Purchase Decision Produk Somethinc .” 4(3): 353–65.

Fumar, Michael et al. 2023. “The Influence of Fear of Missing Out (FOMO), Sales Promotion, and Emotional Motive Mediated Self-Control on Impulsive Buying for Hypebeast Products.” Riwayat: Educational Journal of History and Humanities 6(3): 1363–75. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/.

Hanjaya, B.S, B.S Budihardjo, and C.A Hellyani. 2023. “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Umkm.” Jrime : Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi 1(3): 92–101. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i3.271.

Indriningtiyas, Diany. 2022. “Brand Ambassador Artis Korea Pada E-commerce Di Indonesia.” Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis 6(2): 219.

Irzani, Nadia Flora Aisyah, Alfiatun Masruroh, and Muhammad Rizqi Roikhan. 2022. “Efektivitas NCT Dream Sebagai Brand Ambassador Produk Somethinc Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen.” JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial 2(2): 254–59.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2020). Marketing Management (Sabran Bob, Penerjemah). Penerbit Erlangga.

Manongko, Allen A Ch. (2018). Green Marketing (Suatu Perspektif Marketing Mix & Theory Of Planned Behavior). Yayasan Makaria Waya.

Muharam, Gaiska Meindieta et al. 2023. “Experimental Student Experiences The Effect of Fear of Missing Out (FoMO) and Peer Conformity on Impulsive Buying in Semarang City Students (Study on TikTok Shop Consumers).” Jurnal SunanDoe 1(8): 2985–3877. https://jurnal.institutsunandoe.ac.id/index.php/ESE.

Multidisiplin 2(02): 84–91.

Nadhiro. 2019. “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness Pada Followers Instagram Warunk Upnormal.” Commercium 02(02): 88–92.

Nainggolan, T., & Tanjung, Y. (2023). “Pengaruh Suasana Toko Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Padea Produk Kecantikan SilkyGirl Di Matahari Departement Store Thamrin Medan”. Journal of Creative Student Research, 1(1), 372-391.

Nugroho, Tulus Pujo. 2023. “Pengaruh Brand Ambassador Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Erigo.” Jurnal Ilmiah.

Nurhaliza, S., & Sari, T. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Baterai Abc Pada Pt. Everbright Medan. Wawasan: Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(2), 136-147.

Prabowo, A. (2023). Determinan Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada PT. Mondelez Internasional Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 4(2), 83-97.

Prabowo, A., Lubis, A. N., & Sembiring, B. K. F. (2021). “The Effect of Promotion and Servicescape on Impulsive Buying Behavior with Shopping Emotion as Intervening Variables for Consumers Store of Fashion H&M in Sun Plaza Medan, North Sumatera, Indonesia.” International Journal of Research and Review, 8(2), 235-252.

Prabowo, A., Wahyuni, E. S., Bakti, S., Sari, P. B., & Rossanty, Y. (2022). Does Raising Environmental Awareness and Creating Pro-Environmental Attitudes Drive the Intention to Revisit Among Visitors?. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(3).

Purnama, Layyina Galuh, Yayan Hendayana, and Ari Sulistyowati. 2024. “Pengaruh Brand Ambassador Dan Flash Sale Terhadap Impulse buying Consumer Di Marketplace Shopee Pada Generasi Z.” Cemerlang: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis 4(2): 138–47. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i2.2641.

Puspitasari, Defi, and Jazilatul Chikmiyah. 2024. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Fomo Terhadap Pembelian Impulsif Pada Gen Z Pengguna Shopee Pay Later.” Journal Of Comprehensive Science 3(1): 139–43.

Puspitasari, Nanda, Naila Aphrodite, and Eman Sulaeman. 2023. “Pengaruh Promosi, Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Minat Beli Produk Somethinc.” Warta Dharmawangsa 17(1): 302–14.

Sari, N. D. W., & Setyorini, R. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaamn Merek Dan Switching Barrier Terhadap Customer Retention Krim Pemutih Merek Wardah. eProceedings of Management, 7(2).

Sari, T. N. (2022). “Penerapan Komunikasi Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada Kantor Bank Syariah Mandiri Cabang Medan).” Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 4(2), 133-146.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung

Syafaah, Nurul, and Ignatius Hari Santoso. 2022. “Fear of Missing Out Dan Korean Wave : Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Kosmetik Asal Korea.” INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia 5(3): 405–14.

Umar, Ardillah, Rut Liesl, Nicholas Himawan, and Faranita Mustikasari. 2023. “The Influence of Korean Brand Ambassador on Hedonic Shopping Motivation Moderated by Fanaticism toward Impulsive Buying Behavior in E-commerce.” (Figure 1): 2152–64




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i2.5285

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nindya Puspa Rini, Tika Nirmala Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index