ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN SMART IB MAKBUL PADA BANK SUMUT UNIT SYARI’AH MEDAN

Atika Atika, Dinda Dia

Abstract


Bank Sumut Syariah adalah salah satu lembaga perbankan syariah di Indonesia yang telah mengembangkan berbagai produk keuangan sesuai prinsip syariah. Salah satu produk unggulannya adalah Tabungan Haji, yang dirancang khusus untuk membantu nasabah dalam mewujudkan impian melaksanakan ibadah haji. Tujuan penelitian untuk meningkatkan Strategi Pemasaran Tabungan Smart iB Makbul Pt Bank Sumut Unit Usaha Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, baik yang tertulis maupun lisan, dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini menggunakan standar penelitian kualitatif untuk mengumpulkan data, yaitu data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, upaya Meningkatkan nasabah melalui keunggulan Produk Tabungan iB Makbul pada Bank Sumut Unit Usaha Syariah adalah dengan melakukan strategi pemasaran yang efektif. Strategi efektif yang dilakukan Bank Sumut Unit Usaha Syariah yaitu melalui marketing mix dimana strategi tempat, strategi produk, strategi harga, dan strategi promosi berbaur menjadi satu. Keunggulan Produk Tabungan iB Makbul yang ditawarkan meliputi: dilundungi asuransi jiwa, bebas administrasi, terkoneksi secara langsung dengan SISKOHAT, manasik haji gratis, souvenir haji, dan dapat dibuka diseluruh kantor Bank Sumut baik Konvensionsl maupun Syariah.


Keywords


Bank, Pemasaran, Smart IB Makbul.

References


Akbar, N. (2019). Tinjauan Terhadap Strategi Pemasaran Pada Tabungan Haji Dalam Akad Mudharabah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Sudirman, Bogor). Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(1), 76–95. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v3i1.4260

Bank Sumut. (2024a). Tabungan Makbul. https://www.banksumut.co.id/tabungan makbul/

Bank Sumut. (2024b). Tabungan Smart iB Makbul. https://www.banksumut.co.id/

Erlina, F. (2018). Pengaruh Seleksi Rekrutmen dan Penempatan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Bagian Pemasaran PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Banjarmasin. Administraus - Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 2(3), 75–114.

Fathony, A., Affan, M. H., & Mahmudi. (2022). Model Strategi Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan. … : Jurnal Ekonomi Syariah, 4, 36–51. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/470%0Ahttps://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/download/470/281

Halim, F. S., Putra, P., & Pujihastuti, I. (2023). Analisis Penerapan Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Tabungan Haji Pada Bank Tabungan Negara Syariah Kc Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (JIEI), 9(2579–6534), 564–572.

Handayani, F., Kadang, J., & Syrifuddin, I. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada Usaha Toreko. Empiricism Journal, 4(1), 208–212. https://doi.org/10.36312/ej.v4i1.1170

Musawwa, M. A. Al, & Hanifah, L. (2023). Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Haji Dan Umroh Ib Pada Btn Syariah Kcps Gresik. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 6(November), 669–684. https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/15201

Riyanti. (2021). Strategi Membangun Brand Image Untuk Meningkatkan Minat Masyarakat Menabung Di Bsi Kckediri Di Masa Pandemi Covid-19. Intstitut Agama Islam Negeri Ponorogo, 1(1), 1–70.

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212

Siregar, M. (2009). Agenda Pengembangan Perbankan Syariah untuk Mendukung Sistem Ekonomi yang Sehat di Indonesia: Evaluasi, Prospek dan Arah Kebijakan. Iqtisad, 3(1), 46–66. https://doi.org/10.20885/iqtisad.vol3.iss1.art4

Soenjoto, W. P. P. (2018). Tantangan Bank Syariah Di Era Globalisasi. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 1(1), 79. https://doi.org/10.21154/elbarka.v1i1.1447

Tifanny Tambunan, R., Lathief, M., Nasution, I., & Syarvina, W. (2024). Analisis Strategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning (Stp) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Tabungan Smart Ib Makbul Pada Nasabah Bank Sumut Syariah Simpang Kayu Besar. 10(01), 1–10. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie

Windi Mariska Suryani Siregar. (2023). Peran Tabungan Smart iB Makbul Dalam Meningkatkan DPK Di PT Bank SUMUT Capem Syariah HM Joni. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(4), 190–197. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i4.1398

Wulansari. (2018). Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 25(2), 160–172.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i2.5199

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dind Dia Dya -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index