TANTANGAN PRODUSEN PEMULA DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN DI ERA “THE SECOND MEDIA AGE”

Rafiqah Yusna Siregar, Rahma Hidayati

Abstract


Penelitian ini berusaha untuk mengetahui dan menganalisis tantangan produsen pemula dalam komunikasi pemasaran di era “the second media age.” Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun yang menjadi informan utama di dalam penelitian ini adalah pemilik usaha toko online Olshop Gurls dan konsumen yang menjadi triangulasi sumber sebagai keabsahan data. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu wawancara mendalam, observasi non-partisipan dan studi dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang diimplementasikan di dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tantangan yang dihadapi oleh produsen pemula di dalam komunikasi pemasaran di era “the second media age” terdiri dari beberapa tipe; 1) tantangan produsen dalam kerangka berpikir, dimana produsen belum memahami sepenuhnya tentang konsep konten seperti penggunaan hashtag dan caption yang menarik; dan 2) tantangan waktu, terjadi pada proses bauran promosi pemasaran dimana pemilik usaha mengaku sudah memahami konten meskipun masih dalam level sederhana dan tidak memiliki banyak waktu untuk membuat konten selayaknya konten bisnis online yang ada di berbagai media sosial. Oleh sebab itu, konten yang dihasilkan masih dalam kategori sederhana yang terlihat dari penulisan caption, penggunaan hashtag, teknik pengambilan foto dan video yang minim penggunaan aplikasi editing yang berimbas pada engagement akun media sosial Olshop Gurls. 

Keywords


Tantangan, Produsen Pemula, Komunikasi Pemasaran, The Second Media Age.

References


Fitriyanti, V., & Devita, H. (2022). Penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi Sebagai Alternatif Pengurangan Penyebaran Covid-19 di Kota Surabaya. Irpia : Jurnal Ilmiah Riset Dan Pengembangan, 8(3), 44–52. https://ejournal.irpia.or.id/index.php/irpia-jurnal/article/view/183

Imam Afandi, Ratih Rahmawati, & Dwi Purliantoro. (2022). HAMBATAN KOMUNIKASI ANTARA MAHASISWA KKN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANDUNG DENGAN MASYARAKAT DESA GAJAHMEKAR. Journal of Social and Economics Research, 4(2), 136–142. https://doi.org/10.54783/jser.v4i2.51

Jokom, R. (2018). Persepsi Follower Terhadap Pemasaran Restoran melalui Instagram di Surabaya. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 11(1), 20. https://doi.org/10.26740/bisma.v11n1.p20-32

Kurnianti, A. W. (2017). Komunikasi Pemasaran Transportasi Online NGuberJEK . JURNAL KOMUNIKASI DAN KAJIAN MEDIA, 1(1).

Nasution, D. A., Batoebara, M. U., & Junaidi, J. (2022). PERAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUAL-BELI ONLINE PADA FACEBOOK. Jurnal Bisnis Corporate, 6(2), 102–106. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i2.1843

Ranti, S. (2023). Cara Menghitung Engagement Rate Akun dan Postingan di Instagram Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Cara Menghitung Engagement Rate Akun dan Postingan di Instagram”, Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/03/02/18150087/cara-menghitung-engagement-rate-akun-dan-postingan-di-instagram. Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2023/03/02/18150087/cara-menghitung-engagement-rate-akun-dan-postingan-di-instagram

Saskia, C., & Reska K. Nistanto. (2023). 15 Medsos Favorit Orang Indonesia, Nomor 1 Bukan Instagram Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “15 Medsos Favorit Orang Indonesia, Nomor 1 Bukan Instagram”, Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/02/14/10300097/15-medsos-favorit-orang-indonesia-nomor-1-bukan-instagram. Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2023/02/14/10300097/15-medsos-favorit-orang-indonesia-nomor-1-bukan-instagram

Setyani, N. Z., Lili Marliyah, & Marhaeni Dwi Satyarini. (2022). Peningkatan Penjualan Tiket Masuk Melalui Bauran Promosi di Sanggaluri Park Pada Masa Pandemi Covid-19. JOURNAL OF ECONOMIC EDUCATION AND ENTREPRENEURSHIP, 3(1).

Siregar, R. Y., Cicik Suriani, Syahmi Edi, Puji Prastowo, Marlinda Nilan Sari Rangkuti, & Didi Febrian. (2023). STRATEGI PEMASARAN DENGAN PLATFORM DIGITAL UNTUK PEMULA (A. Mardhiyah, Ed.; 1st ed.). CV. Prokreatif.

Yasir. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi: Sebuah Pendekatan Kritis dan Komparatif. Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i1.4386

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rafiqah Yusna Siregar, Rahma Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index