PENGARUH IKLAN MEDIA SOSIAL, ATRIBUT PRODUK, BRAND IMAGE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE OPPO DI KABUPATEN REMBANG
Abstract
Analisa ini memiliki tujuan untuk membuktikan dampak dari iklan media sosial, atribut produk, brand image serta persepsi harga pada minat beli smartphone Oppo di Kabupaten Rembang. Populasi dari penenelitian ini merupakan peminat smartphone Oppo yang berdomisili di wilayah Kabupaten Rembang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accindetal sampel. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 orang peminat smartphone Oppo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan angket pernyataan. Analisa data mengunakan multiple regression yang terdiri uji hipotesis dan uji determinasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel iklan media sosial memiliki taraf signifikansi 0,004<0,05 artinya iklan media sosial memberi dampak yang signifikan pada minat beli. Variabel atribut produk memiliki taraf signifikansi 0,518>0,05 yang artinya atribut produk memberikan dampak tidak signifikan pada minat beli. Taraf signifikansi brand image sebesar 0723>0,05 yang artinya brand image berdampak tidak signifikan pada minat beli dan persepsi harga memiliki taraf signifikansi sebesar 0,534>0,05 artinya persepsi harga memberi dampak yang tidak signifikan pada minat beli. Hasil uji determinasi memperlihatkan bahwa keempat variabel yang mengikat dalam penelitian ini hanya menjelaskan minat beli sebesar 30,5% sedangkan selebihnya yaitu 69,5% disebabkan oleh faktor lain selain variabel yang diteliti.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arnianti, H., Khoirunnisa, G., Arzaqi, H., Geulis, G., & Herlina, H. (2019). PENGARUH IKLAN YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI VIVO SMARTPHONE (Survei Pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang Jurusan Manajemen Angkatan 2016, 2017 Dan 2018). Cakrawala Management Business Journal, 2(1), 172. https://doi.org/10.30862/cm-bj.v2i1.12
Hasibuan, M. Z., & Siregar, H. (2021). Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Oppo. Jurnal Mutiara Manajemen, 6(1), 18–24. https://doi.org/10.51544/jmm.v6i1.2116
https://amp.kompas.com/tekno/read/2023/02/20/09030057/5-besar-vendor-smartphone-di-indonesia-pada-2022-oppo-samsung-mendominasi 10 April 2023 pukul 22.30.
https://kumparan.com/kumparantech/5-brand-hp-terlaris-di-indonesia-oppo-kembali-juara-samsung-turun-takhta-1ytsivy1Tnf/3 diakses pada tanggal 10 April 2023 pukul 22.30.
https://www.topbrand-award.com
Jalilah Fitria, I., & Tinggi Ilmu Ekonomi, S. (2021). Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Smartphone Oppo Taufik Qurohman. Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 26–37.
Kotler, P. & Armstrong G. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I. Jakarta: Penerbit. Prenhalindo.
Kotler, P. & Keller K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, edisi 12 Jilid 1. & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Morissan, A. M. (2015). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
Muahammad ariasa, N. R. A. A. P. (2019). Prodi: Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang. E – Jurnal Riset Manajemen, 7(2015), 121–135.
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594/3325
NATSIR, N., & ERNAWATI, S. (2020). Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pengguna Handphone Oppo Di Kota Bima. Jurnal Ilmiah Manajemen “E M O R,” 4(1), 1. https://doi.org/10.32529/jim.v4i1.506
Paputungan, A. R., Bachri, S., & Ponirin, P. (2021). Pengaruh Atribut Produk Dalam Mendorong Niat Beli Smartphone Oppo Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 7(1), 021–029. https://doi.org/10.22487/jimut.v7i1.214
Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo. Fair Value, 4(3), 1651–1667.
DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v7i1.4206
Article Metrics
Abstract view : 282 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 139 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:
Member Of:
BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id
Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index