PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PT. PLN PERSERO

Mochamad Syahrir Ramdani, Samrin Samrin, Teguh Wahyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui lebih jelas bagaimana pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja terhadap kinerja karyawan bagian Health, Safety and Environment (HSE) di PT. PLN Persero. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 54 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus statistik yaitu dengan menggunakan analisis regresi berganda yang pengolahannya dilakukan dengan program SPSS Versi 16. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa hasil uji signifikansi parsial (uji t) diperoleh thitung sebesar 3,204 sedangkan ttabel sebesar 1,674 dan signifikansi sebesar 0,002, maka keselamatan kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan. Hasil uji signifikan parsial (uji t) diperoleh thitung sebesar 5,332 sedangkan ttabel sebesar 1. 674 dan signifikan pada 0,000, maka kesehatan kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja pegawai. Hasil Fhitung sebesar 33,004 sedangkan Ftabel sebesar 2,78 dan signifikan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa keselamatan kerja dan kesehatan kerja berpengaruh positif dan signifikan minat berwirausaha secara simultan terhadap kinerja karyawan.

Kata kunci : Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Kinerja Karyawan

Keywords


Keselamatan, Kesehatan Kerja, Kinerja Pegawai

References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Afrizal, dkk (2017). Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Pt. Pln (Persero) Area Kediri Distribusi Jawa Timur). Malang .FIA. Unbraw.

Alfadanu, dkk (2016). Pengaruh Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Upt Kru Kereta Api Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang. Semarang. Universitas Diponegoro

Dessler, G. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba. Empat.

Indriasari, N. (2016). Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT Surabaya Agung Industri Pulp & Kertas. Skripsi. Universitas Brawijaya.

Dewi. (2016). Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Ecogreen Oleochemicals Medan Plant. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Kasmir (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek).: PT. Raja Grafindo Persada : Bandung

Kurniawan. (2016). Pengaruh Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai : Studi Pada Pegawai PT. Bentoel Prima Malang. Thesis. Universitas Brawijaya.

Rusiadi, et al, (2016). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan. Medan : USU Press.




DOI: https://doi.org/10.46576/bn.v6i2.3432

Article Metrics

Abstract view : 110 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bisnis-Net Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Bisnis Net Terindeks pada:

   

Member Of: 

BISNIS NET : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS Published By :
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnal_bisnisnet@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/index