PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI MTS ISLAMIYAH BENGKEL KECAMATAN PERBAUNGAN

Rahmat hidayat, M Fauzi Lubis, Dina Mulyanti

Abstract


Hasil belajar anak pada mata pelajaran PAI masih terbilang rendah. 2) Peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa di MTs islamiyah Bengkel Kecamatan Perbaungan:(a)Orang tua Sebagai Pendidik; (b)Orang tua Sebagai Pembimbing, (c)Orang tua Sebagai Pendorong; (d)Orang tua Sebagai Panutan; (e)Orang tua Sebagai Teman; (f)Orang tua Sebagai Pengawas; (g)Orang tua Sebagai Komunikator; (h)Orang tua Sebagai Penasehat; (i)Orang tua Sebagai Konselor; (j)Orang tua Sebagai Fasilitator; 3) Faktor-faktor pendukung apa saja yang dapat meningkatkan peran orang tua dalam peningkatan hasil belajar siswa pada Mapel PAI di MTs Islamiyah Bengkel Kecamatan Perbaungan:(a)Faktor pendukung meliputi adanya pelatihan guru; (b)lingkungan yang kondusif; (c)antusias orang tua; (d)pendampingan spiritual; (e)Faktor individual; (f)Faktor sosial; (g)faktor kematangan atau pertumbuhan; (h)faktor kecerdasan; (i)Faktor jasmaniah; (j)Faktor psikologi; (k)Faktor keluarga; (l)Faktor sekolah; (m)Faktor masyarakat; 4).Kendala apa saja yang dihadapi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa di MTs Islamiyah Bengkel Kecamatan Perbaungan:(a)keterbatasan Latar Belakang Pendidikan orang tua; (b) waktu yang tersedia; (c) tingkat ekonomi; (d)Jumlah anggota keluarga; (e)Pembinaan kedisiplinan belajar yang kurang optimal; (f)Kurangnya kesadaran orang tua itu sendiri dalam bimbingan, terutama keadaan agama sang anak; (g)adanya pengaruh lingkungan anak dalam bergaul yang sangat besar.

Keywords


Peran Orang Tua, Hasil Belajar Siswa dan Mata Pelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, (2001), Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar, (2003), Definisi Prestasi Belajar siswa,Bandung: Alfabeta.

Dalyono. M, (2001), Pisikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Doddy Surya, Peran Serta Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar, Jurnal Pendidikan, Vol. 04, No. 01, desember 2004.

Eliyanti, Ratna, Faktor- Faktor Perkembangan Anak, Jurnal Ilmiah Vol o1, No 02, Mei 2008.

Hallen. A, (2005), Bimbingan Belajar, Jakarta: Quantum Teaching.

Hamalik, (2011), Ilmu pendidikan, Jakarta: Bidang sosial.

Hidayat, Rahmat, (2016), Ilmu Pendidikan Islam: Menuntun arah baru pendidikan islam di indonesia: Buku ajar, Fakultas Agama Islam, Universitas Dharmawangsa Medan.

Imron, Ali, Pengembangan pendidikan anak, Inferensi, jurnal penelitian keagamaan. Vol. 07, No.7, Juni 2007.

Mulyasa, (2000), Dasar-dasar Hasil Proses Pembelajaran, Bandung: sinar baru.

Ngalim Purwanto.M, (2002), Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purba, Hadis, Membangun Keluarga Islami:Tinjauan Terhadap Ayat-Ayat Alquran dan Hadis Rasul saw. AlmufidaVol III No. 01 Januari-Juni 2018.

Sukirman, Dadang, (2006), Pembelajran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Upi Press.




DOI: https://doi.org/10.46576/almufida.v4i2.701

Article Metrics

Abstract view : 575 times
PDF – 904 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman



Almufida Indexed by:

    

 

Member Of :

ALMUFIDA : JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN Published By :
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : almufida@dharmawangsa.ac.id

 

JURNAL Almufida by Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.