PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA DHARMAWANGSA MEDAN

Zamakhsyari Zamakhsyari, Suhendri Suhendri, Dede Efrianti Lubis

Abstract


Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan secara kolaboratif, artinya dengan mengikutsertakan personel sekolah dalam semua tahap perencanaan kurikulum; (2) pengorganisasian kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip umum pengembangan kurikulum. Salah satunya prinsip relevansi, dimana adanya kesesuaian antara komponen tujuan, isi/pengalaman belajar, dan evaluasi kurikulum, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat; (3) pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan dengan sangat baik salah satu caranya adalah dengan menggerakkan anggota-anggota kelompok sedemikian rupa hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran pendidikan dan sasaran anggota-anggota pihak sekolah tersebut; (4) pengawasan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa terlaksana dengan sangat baik, dibuktikan dengan adanya suatu usaha sistematik dalam menetapkan standar pelaksanaan.

Keywords


Manajemen Kurikulum dan Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ali, Attabik. (2003). Kamus Inggris-Indonesia Arab. Yogyakarta: Mukti Karya Grafika

Arcaro, Jerome S. (2005). Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Arifin, Zainal. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Astutik, Pipit P. (2017). Integrasi PKK dan HOTS dalam Pembelajaran Tematik SD. Jurnal FIP UM

Azhari, Muhammad. (2017). Manajemen Kurikulum dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Analytica Islamica. Vol. 6 No. 2

Dakir. (2004). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta

Echols, John M dan Hassan Shadily. (2006). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Etistika. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Jurnal UNIKAMA Vol. 1

Hamalik, Oemar. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamid, Farid. (2000). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Apollo

Heryati. (2010). Model Inovatif Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan

Hidayat, Rahmat. (2016). Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendikan Islam. Medan: LPPPI

Kristiawan, Muhammad. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mas’um, Ali dan Zainal A M. (1997). Kamus Al-Munawwir. Surabaya: Pustaka Progresif

Mulyasa, E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Nurdin, Syafruddin. (2002). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press

Partanto, Pius. (2001). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arloka

Robbins, Stephen P dkk. (1999). Management, sixth edition. Jakarta: PT Indojaya Multitama

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Siagian, Sondang P. (1990). Filsafat Administrasi. Jakarta: CV Masaagung

Sriwilujeng, Dyah. (2016). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga

Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press

Syafaruddin. (2015). Peningkatan Kontribusi Manajemen Pendidikan Dalam Pengembangan SDM Berkualitas Untuk Membangun Masyarakat Ekonomi ASEAN. Medan: Perdana Publishing


Article Metrics

Abstract view : 1361 times
PDF – 665 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman



 

Indexed by:

            

 

       

 

 

 

 

   

 

JURNAL Almufida by Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter