Penerapan Model Pembelajaran Coperative Tipe Numberred Heads Together Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI Sosial SMA Dharmawangsa

Annisa Khairina, Zamakhsyari Zamakhsyari, Rahmat Hidayat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui Motivasi belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran coperative tipe Numberred Heads Together padakelas XI sosial mata pelajaran PAI di SMA dharmawangsa, 2) engetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran coperative tipe Numberred Heads Together pada kelas XI sosialmata pelajaran PAI di SMA dharmawangsa, 3) Mengetahui Motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran coperative tipe Numberred Heads Together pada kelas XI Sosial mata pelajaran PAI di SMA Dharmawangsa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI Sosial SMA Dharmawangsa yang terdiri dari 37 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini diawali hasil angket motivasi belajar siswa pra siklus terbukti dari 37 orang siswa terdapat 33 orang (89.19 %) yang memiliki motivasi belajar rendah (tidak berminat), dan 3 orang siswa (8.11 %) yang memiliki motivasi belajar sedang (berminat), dan 1 orang siswa (2.70%) yang memiliki motivasi belajar tinggi. Selanjutnya pada siklus I dengan menerapkan model Numbered Head Together diketahui dari 37 orang siswa terdapat 9 orang siswa (24.33%) yang memiliki motivasi belajar rendah, 25 orang siswa (67.57%) yang memiliki motivasi belajar sedang, dan 3 orang siswa (8.10%) memiliki motivasi belajar tinggi. Kemudian pada siklus II dari 37 orang siswa terdapat 1 orang siswa (2.70%) yang memiliki motivasi rendah, 21 orang siswa (56.76%) yang memiliki motivasi tinggi, dan 15 orang siswa (40.54%) yang memiliki motivasi sangat tinggi.

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 268 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Almufida



 

Indexed by:

            

 

       

 

 

 

 

   

 

JURNAL Almufida by Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter