PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK KELOMPOK B DI PAUD TERPADU AL- FURQON ROKAN HILIR
Abstract
Perkembangan kecerdasan interpersonal anak dengan menggunakan
media audio visual pada kelas eksperimen diperoleh nilai secara
keseluruhan sebanyak 133 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 3,
kemudian secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata 5,19 dengan
simpangan baku 1,568. Hal ini dikategorikan bahwa anak kelas
eksperimen terdapat pengaruh maka dengan ini dikatakan bahwa
kecerdasan interpersonal berkembang sesuai dengan harapan menuju
berkembang sangat baik. Perkembangan kecerdasan interpersonal anak
yang tidak menggunakan media audio visual pada kelas eksperimen
diperoleh nilai secara keseluruhan sebanyak 130 dengan nilai tertinggi 7
dan nilai terendah 2, kemudian secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata
4,759 dengan simpangan baku 1,852. Hal ini dikategorikan bahwa
kecerdasan interpersonal anak kelas kontrol mulai berkembang sesuai
harapan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahnan, Maftuh. 2012. Kumpulan Hadits Terpilih Shahih Bukhari. Surabaya:
Terbit Terang.
Arikunto,Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Asrul dan Ahmad Syukri Sitorus. 2016. Strategi Prndidikan Anak Usia Dini
Dalam Membina Sumber Daya Manusia Berkarakter. Medan: Perdana
Publishing.
Az- Zuhaili, Wahbah. 2011. Fiqih Islam Wa Adillatuhu. Jakarta: Gema
Insani.
Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada
Media Group.
Departemen Agama RI. 2010. Al- Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera
Abadi, Jilid V.
H. Anderson, Ronald. 1987. Pemilihan Dan Pengembangan Media Untuk
Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Hildayani, Rini, dkk. 2010. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Jaya, Indra. 2018. Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Medan: Perdana
Publishing.
Khadijah. 2015. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana
Publishing.
. 2016. Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.
Lwin, May, dkk. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan.
Yogyakarta: Indeks.
Muhaimin Azzet, Akhmad. 2010. Mengembangkan Kecerdasan Sosial Bagi
Anak.Jogjakarta: Kata Hati.
Munafiah, Nida’ul, dkk. 2018. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis
Multiple Intellegences. Jawa Tengah: Mangku Bumi. cet. I.
DOI: https://doi.org/10.46576/almufida.v3i2.590
Article Metrics
Abstract view : 158 timesPDF – 293 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Almufida Indexed by:
Member Of :
ALMUFIDA : JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN Published By :
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : almufida@dharmawangsa.ac.id
JURNAL Almufida by Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.