HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN SIKAP EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI di PAUD TERPADU AL-AZIZ ROKAN HILIR

Kusmiran Kusmiran

Abstract


enelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kecerdasan Interpersonal anak
usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Al-Aziz Rokan Hilir, 2) Sikap empati anak usia 5-6
tahun di PAUD terpadu al-aziz rokan hilir, 3) Hubungan antara Kecerdasan
Interpersonal dengan sikap empati anak usia 5-6 tahun di
paud terpadu al-aziz rokan
hilir.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional. Populasinya berjumlah 94 anak dan sampelnya berjumlah 47 anak. Data
diperoleh menggunakan instrumen observasi. Analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif, uji linearitas, uji normalitas dan uji korelasi. Uji korelasi
menggunakan pearson correlation. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa r
(0,759)>r
(0,288). Hal ini bermakna bahwa terdapat hubungan secara signifikan
antara Kecerdasan Interpersonal dengan sikap empati anak usia 5-6 tahun di paud
terpadu al-aziz rokan hilir . Dengan demikian H
tabel
diterima.


Keywords


Kecerdasan Interpersonal, Empati

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. 2005. Al-Jumanatul ‘Ali Al-Qur’an dan Terjemahannya.

Jakarta: CV. Penerbit J Art.

Emzir. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja

Grafindo.

Fadhilah, Mohammad dan Kodira, Lilif Mualifatu. 2014. Pendidikan Karakter Anak

Usia Dini,.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitriyani, Devita. Perbedaan Empati Antara Peserta Didik Laki-Laki dengan

Perempuan di Kelas XI SMA Muhammadiyah Purbalingga Tahun 2017/2015.

Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, Vol. 1 No. 1. 1 Desember 2010.

Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.

Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Goleman, D. 2016. Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, E.B. 2017. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Jaya, Indra. 2018. Penerapan Statistika untuk Pendidikan. Medan: Perdana

Publishing.

Jannah, Rina Roudhotul, Amin Sabi’ati, Aning Pudjiastuti, dkk. 2018. 144 Strategi

Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligence. Yogyakarta:

Ar-Ruzz Media

Jasmine, Julia. 2016. Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Penerbit

Nuansa.

Kamaluddin. 2013. Metode Penelitian Komunikasi,.Makasar: Alauddin Press.

Khadijah. 2016. Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.

Masganti. 2015. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Medan: Perdana

Publishing.

Mulyasa, H.E. 2013. Manajemen Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Dadan, Seni Apriliya, dan Reza Kharisma Veronicha, Kemampuan Empati

Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, Vol. 1 No. 1. 1 Juni 2017.

Rahmah, Siti. Teori Kecerdasan Majemuk Howard Gadner dan Pengembangannya

pada Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Usia

Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 5, No. 1. 2008.

Silfiasari dan Prasetyaningrum, Susanti. Empati dan Pemaafan dalam Hubungan

Pertemanan Siswa Regular Kepada Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK) di

Sekolah Inklusif. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 05 No. 1. Januari

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo

Persada.




DOI: https://doi.org/10.46576/almufida.v3i2.586

Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF – 439 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman



Almufida Indexed by:

    

 

Member Of :

ALMUFIDA : JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN Published By :
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : almufida@dharmawangsa.ac.id

 

JURNAL Almufida by Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.