HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN SIKAP EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI di PAUD TERPADU AL-AZIZ ROKAN HILIR
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kecerdasan Interpersonal anak
usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Al-Aziz Rokan Hilir, 2) Sikap empati anak usia 5-6
tahun di PAUD terpadu al-aziz rokan hilir, 3) Hubungan antara Kecerdasan
Interpersonal dengan sikap empati anak usia 5-6 tahun di
paud terpadu al-aziz rokan
hilir.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional. Populasinya berjumlah 94 anak dan sampelnya berjumlah 47 anak. Data
diperoleh menggunakan instrumen observasi. Analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif, uji linearitas, uji normalitas dan uji korelasi. Uji korelasi
menggunakan pearson correlation. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa r
(0,759)>r
(0,288). Hal ini bermakna bahwa terdapat hubungan secara signifikan
antara Kecerdasan Interpersonal dengan sikap empati anak usia 5-6 tahun di paud
terpadu al-aziz rokan hilir . Dengan demikian H
tabel
diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Agama RI. 2005. Al-Jumanatul ‘Ali Al-Qur’an dan Terjemahannya.
Jakarta: CV. Penerbit J Art.
Emzir. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja
Grafindo.
Fadhilah, Mohammad dan Kodira, Lilif Mualifatu. 2014. Pendidikan Karakter Anak
Usia Dini,.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fitriyani, Devita. Perbedaan Empati Antara Peserta Didik Laki-Laki dengan
Perempuan di Kelas XI SMA Muhammadiyah Purbalingga Tahun 2017/2015.
Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, Vol. 1 No. 1. 1 Desember 2010.
Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.
Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Goleman, D. 2016. Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, E.B. 2017. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang
Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Jaya, Indra. 2018. Penerapan Statistika untuk Pendidikan. Medan: Perdana
Publishing.
Jannah, Rina Roudhotul, Amin Sabi’ati, Aning Pudjiastuti, dkk. 2018. 144 Strategi
Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligence. Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media
Jasmine, Julia. 2016. Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Penerbit
Nuansa.
Kamaluddin. 2013. Metode Penelitian Komunikasi,.Makasar: Alauddin Press.
Khadijah. 2016. Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.
Masganti. 2015. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Medan: Perdana
Publishing.
Mulyasa, H.E. 2013. Manajemen Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nugraha, Dadan, Seni Apriliya, dan Reza Kharisma Veronicha, Kemampuan Empati
Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, Vol. 1 No. 1. 1 Juni 2017.
Rahmah, Siti. Teori Kecerdasan Majemuk Howard Gadner dan Pengembangannya
pada Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Usia
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 5, No. 1. 2008.
Silfiasari dan Prasetyaningrum, Susanti. Empati dan Pemaafan dalam Hubungan
Pertemanan Siswa Regular Kepada Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK) di
Sekolah Inklusif. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 05 No. 1. Januari
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo
Persada.
DOI: https://doi.org/10.46576/almufida.v3i2.586
Article Metrics
Abstract view : 158 timesPDF – 478 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Almufida Indexed by:
Member Of :
ALMUFIDA : JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN Published By :
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : almufida@dharmawangsa.ac.id
JURNAL Almufida by Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.