UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI OPERASI HITUNG PADA BILANGAN BULAT DI KELAS VII-1 SMP N 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nurbadriah Nurbadriah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatan Minat Belajar siswa pada pokok bahasan Operasi Hitung pada Bilangan Bulat di Kelas VII-1 SMPN 7 Medan Tahun Pelajaran  2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di VII-1 SMP N 7 Medan Tahun Pelajaran  2017/2018. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester I. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP N 7 Medan Tahun Pelajaran  2017/2018 yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Adapun objek pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran  model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada sub pokok bahasan operasi hitung pada bilangan bulat di kelas VII-1 SMP N 7 Medan Tahun Pelajaran  2017/2018.  Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran metematika pada pokok bahasan Operasi Hitung Pada Bilangan Bulat di kelas VII-1 SMP Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 hal ini terlihat pada hasil observasi, angket dan tes akhir tindakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD).


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2006. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi (dkk).2012. Penelitian tindakan kelas.Jakarta:Bumi Aksara

Dimyanti,Mudjiono.2006.Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Intansari. 2012. Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Medan: ev Iskom Medan.

Hidayati Kana. 2012. Mathematics 5.Bandung: Grafindo Media Pratama.

Kardi dan Nur, (2000) Pengajaran Langsung, Surabaya: UNESA UNIVERCITYPRESS

Nurgayah.2011. Sterategi dan Model Pembelajaran.Bandung: Cipta Pustaka

Richard I. Arends, (2008) Learning To Teach: Belajar Untuk Mengajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto, 2002. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja RoSMPakarya.

Sanjaya,Wina, 2008. Seterategi Pembelajaran Berorientasi standar prosese pendidikan, Jakarta: Kencana

Trianto, (2010) Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif, Jakarta: Kencana.

Wardi. 2013. Buku Pinter Matematika. Jakarta:laksana

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progerif, Jakarta:




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v3i2.930

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF – 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.