PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM)

Ahmad Jais

Abstract


PAIKEM adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif,
Efektif, dan Menyenangkan. Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses
pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga
siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan.
Belajar memang merupakan suatu proses aktif dari si pembelajar dalam
membangun pengetahuannya, bukan proses pasif yang hanya menerima
kucuran ceramah guru tentang pengetahuan. Jika pembelajaran tidak
memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif, maka
pembelajaran tersebut bertentangan dengan hakikat belajar. Peran aktif
dari siswa sangat penting dalam rangka pembentukan generasi yang
kreatif, yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan dirinya
dan orang lain.


Full Text:

PDF

References


Arkarna, Azizah. (2011). Pengertian dan Strategi PAIKEM (file

pdf)(http://azkiyatunnufus.blogspot.com/2011/12/strategipembel

ajaran-paikem.html)

Dewi, Laksmi dan Masitoh. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta:

Direktorat Jendral Pendidikan Islam

Media Edukasi. (2011). (http://www.m-edukasi.web.id/2011/12/konseppembelajaran-

paikem.html)

Mulyatininsih, Endang. (2010). Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif,

Efektif, dan Menyenangkan. Depok: Direktorat Jenderal Peningkatan

Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik ( Bagi Anak Usia

Dini, TK /RA & Anak Usia Kelas Awal SD / MI ). Jakarta: Prenada

Media Group

Zaini, Hisyam, dkk. (2002). Strategi Pembelajaran Aktif Di

Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD (Center

for Teaching Staff Development)


Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF – 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index Journal