PENGELOLAAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Masroma Dalimunthe

Abstract


Dalam dunia pendidikan khususnya, tulisan mutlak diperlukan. Bukubuku
pelajaran maupun buku bacaan yang lainnya merupakan sarana
untuk belajar para peserta didik di lembaga-lembaga sekolah mulai
tingkat dasar sampi perguruan tinggi. Tanpa tulisan dan membaca, proses
transformasi ilmu pengetahuan tidak akan bisa berjalan. Hal ini
menunjukkan betapa pentingnya tulisan, budaya membaca, serta menulis
di kalangan masyarakat. Oleh karenanya, kita harus terus berupaya
mendorong serta membimbing para generasi muda termasuk pelajar dan
mahasiswa untuk membudayakan kegiatan Literasi.


Full Text:

PDF

References


Anonim. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional

Ardy, Kurniawan Wisnu. (2014).Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Mata

Pelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening The

Learning Climate Bagi Siswa Kelas V SD 01 Tawangmangu Tahun

/2014.Skripsi.Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu

Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Axford, (2009) Scaffolding Literacy: An Integrated and Sequential Approach to

Teaching, Reading,Spelling and Writing, Australia, ACER Press.

David Wray, Jane Medwell, et al. (2002) Teaching Literacy Effectively in the

Primary School, London, New Fetter Lane.

http://blog.unnes.ac.id/rarassantikadewi/2017/12/02/budaya-literasisebagai-

upaya-peningkatan-mutu-pendidikan-di-indonesia/. Di

Akses Tanggal 14 April 2018. Jam 08.38 Wib.

https://www.kompasiana.com/riniehanif/5bccac4c43322f4217666a28/m

embangun-sekolah-ramah-literasi?page=all. Di akses tanggal 25

Maret 2018.

Hurlock. (2012). Perkembangan Anak, jilid 2. Jakarta: Erlangga

Lerner. (1988). Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Jakarta: Pustaka Jaya.

Mendikbud (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan RI No.

tahun 2016 tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan

Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mike Baynham, (1995) Literacy Practices: Investigating Literacy in Social

Contexts, London: Longman.

Mutia Yaumi Reza, (2013) Deskripsi Literasi Informasi Pada Siswa SMA

International Baccalaureate (IB) Program Diploma di Cita Hati

Surabaya, Jurnal.

Samsul hadi, dkk (2006) Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah

Menengah Atas, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v4i1.721

Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF – 827 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.