PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LONGKIP KOTA MADYA SUBULUSSALAM SEMSTER I TAHUN 2018/2019

Yenny Mawaddah

Abstract


Berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan melalui penerapan metode siklus spiral
diperoleh hasil data penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata aktivitas
guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa persiklus. selama
pelaksanaan penelitian adalah sebagai berikut: pada siklus pertama
diperoleh skor aktivitas guru dengan nilai rata-rata (3,64), Aktivitas siswa
dengan nilai rata-rata (3,42), dan hasil belajar siswa mencapai nilai ratarata
(60,45). Sedangkan pada pelaksanaan siklus II diperoleh skor
aktivitas guru dengan nilai rata-rata (4,36), Aktivitas siswa dengan nilai
rata-rata (4,25), sedangkan hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata
(68,18). Maka rata-rata yang diperole siswa sudah diatas KKM yang tela
ditetapkan sekolah. Penerapan pendekatan penemuan terbibimbing
dengan fokus dan terarah dapat memecahkan masalah pembelajaran
matematik pada materi luas segitiga sangatlah relevan penerapannya di
kelas VI Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas.Bandung : Yrama Widya.

Aqib, Zainal. (2008). Standar Kualifikasi Sertifikasi Guru, Kepala Sekolah dan

Pengawas. Bandung : Yrama Widya

Huda, M. (2011).Cooperative Learning, edisi 1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jakarta : Universitas Terbuka.

Karim, A. Muctar, dan Djamus Widagdo. 1999. Pendidikan Matematika II.

Lie, A. (2010). Cooperative Learning. edisi ketujuh, Jakarta: Gramedia.

Pitadjeng. (2005). Pembelajaran Matematka yang Menyenangkan. Semarang :

UNNES.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, Bandung:

Nusa Media.

Warsono, Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Assement, edisi 2,

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yenny Mawaddah: Hasil Belajar Penjaskes, Pendekatan Penemuan

Terbimbing

Wibowo, Mungin Eddy, dkk. (2008). Panduan Penulisan Karya Ilmiah.

Semarang : UNNES.

Winataputra, Udin S. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :

Universitas Terbuka.

Zainal Aqib, (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v4i1.719

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF – 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.