PERENCANAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMK N 2 BINJAI

Annisa Annisa, Miswanto Miswanto, Setie Budi Suku, Candra Wijaya

Abstract


Hasil penelitian
mengungkapkan bahwa: Perencanaan sarana dan prasarana di SMK N 2
Binjai merupakan tahapan awal dalam pengelolaan sarana dan
prasarana di sekolah tersebut, di dalam perencanaan itu ada
keseluruhan proses perkiraan secara matang rancangan kebutuhan
fasilitas yang diperlukan oleh peserta didik, guru-guru dan seluruh staf
yang ada di SMK N 2 Binjai, termasuk rancangan pembelian, pengadaan
rehabilitasi, distribusi serta pengadaan perlengkapan sekolah tersebut.
Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan di SMK N 2 Binjai
dilakukan melalui tahapan sebagai berikut: (1) Menampung semua
usulan pengadaan perlengkapan sekolah yang diajukan oleh setiap
jurusan di SMK N 2 Binjai. (2) Menyusun rencana kebutuhan
perlengkapan sekolah untuk periode tertentu. (3) Melakukan analisis
dan penentuan skala prioritas kebutuhan, (4) Memadukan rencana
kebutuhan dengan dana atau anggaran sekolah yang tersedia. (5)
Penetapan rencana pengadaan sarana dan prasarana.


Full Text:

PDF

References


Minarti. Sri. (2016). Manajemen Sekolah (Mengelola Lembaga Pendidikan

Secara Mandiri), Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong. Lexy J., (2006), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Siagian. Sondang P.. (2007). Fungsi-Fungsi Manajerial, Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata. Nana Syaodih, (2007), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Tim Pakar Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang. (2003).

Manajemen Pendidikan, Malang: Universitas Negeri Malang.


Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF – 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index Journal