Implementasi Active Learning Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X Di MAPN 4 Medan Tahun 2016/2017

Syarifuddin Syaifuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi active learning dalam meningkatan mutu belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas X di MAPN 4 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan ( field research), dengan teknik pengumpulan data melalui pengmatan, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyimpulkan bahwa proses penerapan active learning dalam meningkatkan mutu belajar siswa menggunakan langkah-langkah pembelajaran active learning yaitu: 1). Tahap persiapan: dimana tahap ini mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknis pelaksanaan metode. Kemudian menganalisis sifat materi yang sesuai dan merumuskan tujuan yang ingin dicapai. 2). Tahap pelaksanaan: mengemukakan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh siswa. Kemudian guru memberi rangsangan kepada siswa dan menciptakan suasana yang kondusif. 3). Tahap penutup: tahap ini adalah tahap terakhir yang dilakukan guru dengan mengklarifikasi dan menyimpulkan materi yang telah disampaikan serta memberi evaluasi. Dalam tahap penerapan pembelajaran active learning metode yang digunakan adalah metode brainstorming, small group discussion, everyone is a teacher here, serta tanya jawab.



DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v1i1.48

Article Metrics

Abstract view : 162 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 1875 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sabilarrasyad



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.