PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL PERCOBAAN OLEH SISWA KELAS IX-4 SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Ahsanul Husna

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis teks laporan percobaan siswa kelas IX-4 SMP Negeri 7 Medan sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan kemampuan menulis teks laporan percobaan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas IX-4 SMP Negeri 7 Medan.  Subyek penelitian, yaitu siswa di kelas IX-4 berjumlah 32 orang yang terlibat dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, dengan siswa yang terdiri dari beragam karakter, serta kondisi sosial ekonomi yang heterogen, yang terdiri dari 14 orang putra  dan 18 orang  putri. Jenis penelitian  yang  digunakan  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas (PTK). Berdasarkan hasil kemampuan pemahaman siswa dalam belajar Bahasa Indonesia yang diukur dengan hasil jawaban siswa terhadap pertanyaan yang berhubungan dengan materi teks laporan observasi yang telah disampaikan dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa. Pada siklus I rata-rata siswa mencapai 66,82 pada siklus II mencapai 78,91. Di samping itu dilihat dari ketuntasan belajar siswa juga terjadi peningkatan dari 58,82% pada siklus 1 meningkat jadi 89,74% pada siklus ke II yang sekaligus menunjukkan bahwa pembelajaran telah tuntas, peneliti menyarankan kepada para guru pelajaran Bahasa Indonesia khususnya, untuk memanfaatkan berbagai media, model, dan teknik pembelajaran. Dalam hal ini menggunakan model pembelajaran berbasis masalah khusunya materi teks laporan percobaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti dkk. (2012). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsini. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara Cipta.

Bobbi DePorter & Mike Hernacki. (2011). Quantum Learning. Bandung: Kaifa, Mizan Pustaka.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

DePorter Bobbi De Porter, Mark Reardom dan Sarah-Nouri Singer. (2010) Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa, Mizan Pustaka.

Dimyati dan Mujdiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hudojo, Herman. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Ihsan, Fuad. (2005). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Keraf, Gorys. (2000). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih. (2006). Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.

Linse C dan Nunan D. (2006). Partical English Language Teaching: Young Learners. Singapore: Mc Graw Hill.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurgiyantoro, Burhan (2012). Penilaian Pembelajaran bahasa. Yogyakarta: BPFE.

____________________(2009). Keterampilan Berbahasa. Yogyakarta: BPFE.

Paujiyanti, F. (2014). Kupas Tuntas Secara Jelas Sampai Akar-Akarnya Bahasa Indonesia SMA Kelas 1, 2, dan 3. Jakarta: Pustaka Nusantara Indonesia.

Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar pendidikan. Jakarta: Preanata Media group.

Semi. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sudjana, Nana. (2005). Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaf dan penelitian Kualitatif. Edisi. Bandung: Alfabeta.

Sutarni, Sri dan Sukardi. (2008). Bahasa Indonesia 3. Bogor: Quadra.

Sutikno, (2009). Metode Pembelajaran. Yogyakarta: BPFE.




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v6i1.1184

Article Metrics

Abstract view : 793 times
PDF – 434 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.