PENGARUH METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN NALAR SISWA PADA KELAS X SMK NEGERI 1 GUNUNG SITOLI ALOOA

Ratna Natalia Mendrofa

Abstract


RINGKASAN - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan nalar siswa pada Kelas X SMK Negeri 1 Gunung Sitoli. Penelitian ini menggunakan 1 kelas yaitu kelas X. Sebelum dilakukan pembelajaran Realistic Mathematics Education, terlebih dahulu dilakukan pembelajaran konvensional. Setelah itu dilakukan pengujian kemampuan siswa dengan melakukan test kepada siswa dan hasilnya dicatat. Setelah itu baru dilakukan pembelajaran Realistic Mathematics Education dan dilakukan juga test terhadap siswa. Untuk mengetahui perbedaan kemampuan siswa pembelajaran konvensional dengan pembelajaran Realistic Mathematics Education dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa SMK Negeri 1 Gunung Sitoli dengan metode pembelajaran realistic mathematics education (RME) memiliki hasil lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Realistic mathematics education, Kemampuan Nalar dan Matematika




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v15i1.1053

Article Metrics

Abstract view : 375 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 452 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.