IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 2011 TENTANG PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS INFRASTRUKTUR KAWASAN PERMUKIMAN KUMUH KOTA MEDAN DI KECAMATAN MEDAN MARELAN

Hendra Maska Suwarja

Abstract


ABSTRAK

Kawasan kumuh kota Medan membutuhkan penanganan yang serius dalam mengatasinya, sangat banyak masalah yang timbul di tengah-tengah kehidupan masyarakat di kawasan kumuh. Mulai dari masalah ekonomi, sosial, budaya, kesehatan, pendidikan, lingkungan dan lain sebagainya. Penulis mengangkat masalah pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah dalam rangka upaya untuk mengatasi masalah permukiman kumuh di kecamatan Medan Marelan, seperti yang tertuang dalam amanah undang-undang pemerintah nomor 1 tahun 2011 tentang “Perumahan dan Kawasan Permukimanâ€.

Adapaun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi analisis kualitatif. Narasumber penelitian terdiri dari delapan orang yakni: 1. camat kecamatan Medan Marelan, 2. lurah kelurahan Labuhan Deli, 3. lurah kelurahan Terjun dan lima orang kepala lingkungan yang berda dalam kawasan kumuh Medan Marelan. Dalam implementasinya pemerintah telah melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas infrastruktur namun penulis melihat kurangnya kajian yang lebih mendalam lagi, apa sebenarnya penyebab dari kukumuhan itu. Kekumuhan itu terjadi akibat genangan air yang timbul dari pengaruh pasang surut air laut yang menyebabkan banjir roob yang terjadi secara terus menerus selama dua minggu pada setiap bulannya yang mengakibatkan terendamnya bangunan infrastruktur sehingga sangat mempengaruhi kualitas pembangunan itu sendiri. Dapat kita bayangkan bagaimana mutu dari pekerjaan yang dilaksanakan untuk itu saya selaku penulis sangat tertarik untuk mengangkat masalah Implementasi Undang-Undang Pemerintah Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Infrastruktur Kawasan Permukiman Kumuh Kota Medan di Kecamatan Medan Marelan.




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v5i1.501

Article Metrics

Abstract view : 633 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 500 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index