PENGARUH SISTEM KOMPUETRISASI TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MEDAN KOTA

Firma Doni, Suwardi Lubis

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan ilmu dan teknologi yang sangat pesat dewasa ini membawa pengaruh terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan oleh organisasi. Salah satu teknologi yang membantu dalam proses pekerjaan di dalam lingkungan organisasi adalah dengan mengunakan sistem komputersasi. Dengan Mengunakan sistem komputerisasi maka setiap unit kerja di kantor dapat meningkatkan efektifitas kerja dan efesiensi waktunya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sistem komputerisasi dan seberapa erat hubungan sistem komputerisasi terhadap efektiftas kerja pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Kota. Yang mana pada penelitian ini data-data yang diambil dan diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang kemudian diolah melalui analisa koefisien koralasi product moment dan analisa koefisien determinat, yang selanjutnya disajikan dalam bentuk analisa ilmiah.

Berdasarkan hasil penelitian penelitian diperoleh hasil bahwa pengaruh sistem komputerisasi terhadap efektifitas kerja pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Kota berada pada kategori tinggi. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan koefisien korelasi product moment sebesar 0,610. Selanjutnya dengan perhitungan dengan perhitungan Koefesien determinat diperoleh 37%. Yang bearti bahwa pengaruh sistem komputerisasi terhadap efektifitas kerja pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Kota berpengaruh positif dengan persentase sebanyak 37%. Dan selebihnya sebanyak 63% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang yang tidak termasuk didalam penelitian ini.




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v5i1.498

Article Metrics

Abstract view : 749 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 1175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index