PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PT. BPR DUTA PARAMARTA CABANG PRINGGAN MEDAN

Dedi Zulkarnain Lubis, Junaidi Junaidi

Abstract


ABSTRAK

          Gaya kepemimpinan seseorang dalam memimpin sangat berpengaruh dan menjadi factor penentu bagi peningkatan dan penurunan kinerja karyawan, oleh karena itu terlihat jelas bahwa dalam setiap perusahaan membutuhkan gaya kepemimpina yang efektif serta pengaruh peran pimpinan sangat diperlukan karena pada kenyataannya keberhasilan suatu organisasi ditentukan oleh kepemimpinan dan gaya kepemimpinan yang di kembangkan pada organisasi tersebut untuk mencapai tujuan dari organisasi.

          Penelitian ini berangkat dari masalah penelitian yakni adakah pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai PT. BPR Duta Paramarta Pringgan Medan.

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey dan pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner (angket) yang berupa pernyataan tertulis yang diberikan kepada responden. Data yang diperoleh dalam adalah berdasarkan jawaban yang diambil secara random sampling. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan bantuan hasil SPSS For 25 adalah valid dan reliable dan data dianalis dengan menggunakan analisis regresi sederhana, dan pengujian koefisien determinasi dengan uji t.

Dari hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa korelasi antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan sebesar R = 0,339 termasuk kategori rendah. Koefisien determinasinya sebesar determinasi (R square sebesar 0,115 artinya bahwa gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan (11,5%) sedangkan sisanya (88,5%) dipengaruhi oleh factor lain. Dan hasil persamaan regresinya Y = 5,018+(-0,339) X Dari persamaan regresinya diatas dapat diartikan bahwa nilai 5,018 merupakan nilai konstanta a yang menunjukkan bahwa apabila variabel gaya kepemimpinan konstan atau tetap maka kinerja karyawan sebesar 5,018. Jika terjadi peningkatan, untuk variabel gaya kepemimpinan mengalami penurunan 1 (satu) satuan, maka kinerja karyawan mengalami penurunan sebesar -0,339.




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v5i1.496

Article Metrics

Abstract view : 228 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 490 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index