Analisis Kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam Pelayanan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kota Medan

Tri Gustiawan

Abstract


Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan merupakan unit pelaksana yang ditunjuk pemerintah daerah untuk melaksanakan tugas pelayanan publik dibidang administrasi kependudukan, salah satunya adalah pelayanan di bidang Kartu keluarga dan kartu tanda penduduk. Untuk itulah perlu dianalisis tingkat kinerja dinas tersebut dalam melakukan pelayanan ke masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kinerja dinas kependudukan dan catatan sipil kota medan dalam pelayanan KK dan KTP yang dianalisis dengan menggunakan 5 indikator yakni, produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan ini diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kinerja Dinas kependudukan dan catatan sipil Kota Medan dalam pelayanan kartu keluarga dan kartu tanda penduduk sudah cukup baik, dimana dari lima indikator yang digunakan untuk menganalisis kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Kota medan menunjukkan hasil yang cukup baik.



DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v4i0.403

Article Metrics

Abstract view : 704 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 1266 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index