PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KEPALA DESA SISARAHILI KECAMATAN SOGAE’ADU KABUPATEN NIAS

Vera Pasaribu

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di kantor Kepala Desa Sisarahili Kecamatan Sogae’ade Kabupaten Nias, yang selama ini belum di ketahui, apakah pelayanan yang di berikan oleh pegawai sudah sesuai harapan atau tidak, yang menyangkut tentang kedisplinan, kejelasan layanan, kepastian waktu penyelesaian, perilaku pegawai, keahlian pegawai dalam menggunakan alat bantu dan berbagai keluhan lainnya yang di rasakan oleh pengguna layanan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi secara sistematis. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil key informan sebagai narasumber (responden) dengan menggunakan Prosedur Kuota yang terdiri atas Kepala Desa Sisarahili Kecamatan Sogae’adu Kabupaten Nias dan Masyarakat sebagai pengguna layanan di Kantor Desa Sisarahili Kecamatan Sogae’adu Kabupaten Nias. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di kantor desa Sisarahili Kecamatan sogae’adu Kabupaten Nias masih kurang memuaskan atau belum sesuai harapan masyarakat
339 | Edisi III No.1 Januari-Juni 2018 I Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN
sebagai pengguna layanan. Untuk mengetahui persepi masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di kantor desa Sisarahili, Peneliti Menggunakan lima dimensi yaitu dimensi Tangible, dimensi Reliability, dimensi Responsivinness, dimensi Assurance dan dimensi Emphaty berserta indikatornya. Namun, ada beberapa indikator yang belum sesuai dengan harapan masyarakat yaitu, kedisplinan pegawai, keahlian pegawai dalam menggunakan alat bantu, kepastian waktu penyelesaian dan mendahulukan kepentingan pengguna.
Kata Kunci : Persepsi masyarakat, Kualitas Pelayanan Publik




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v3i0.342

Article Metrics

Abstract view : 656 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 1634 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index