PENGARUH PROFESIONALISME KERJA PEGAWAI TERHADAP PELAYANAN PUBLIK

Tommy J. Pissa

Abstract


ABSTRAK
Professional kerja sangat dipengaruhi oleh tingkat kemampuan pegawai yang tercermin dalam perilaku sehari-hari di dalam organisasi.Kemampuan pegawai dalam memberikan pelayanan publik mengarah kepada pencapaian tujuan organisasi yang telah direncanakan sebelumnya.Melirik dari fungsi utama pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik,sudah seharusnya pemerintah melakukan perbaikan di dalam pelayanan publik tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana profesionalisme kerja pegawai di Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Tamiang,untuk mengetahui bagaimana pelayanan publik yang diberikan di kantorSatuan Lalu Lintas Polres Aceh Tamiang serta untuk mengetahui adakah Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Pelayanan Publik di Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Tamiang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa data kuantitatif.Adapun metode korelasional adalah metode penelitian yang meneliti hubungan antara variabel-variabel yang ada.Metode korelasional bertujuan meneliti sejauh mana variabel yang satu memiliki hubungan sebab akibat dengan variable yang lain.Data yang diperoleh dengan menyebarkan angket kepada responden sebanyak 50 orang yang terpilih menjadi sampel.Selanjutnya data diolah dengan menggunakan koefisien korelasi product moment yang di lanjutkan dengan uji determinasi.
264 | Edisi III No.1 Januari-Juni 2018 I Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN
Berdasarkan hasil analisa korelasi Product Moment terdapat pengaruh yang positif antara profesionalisme kerja pegawai terhadap pelayanan publik pada Kantor Satuan lalu Lintas Polres Aceh Tamiang dengan korelasi 0,838 pada Interval Koefisien 0,80-1,00. Berdasarkan interpretasi tersebut maka pengaruh profesionalisme kerja pegawai dengan pelayanan publik berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini memperlihatkan bahwa koefisien korelasi signifikasi dan hipotesa yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima.Selanjutnya dengan perhitungan koefisien determinasi diperoleh bahwa terdapat pengaruh pencapaian kualitas pelayanan publik adalah sebesar 70,22% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Profesionalisme Kerja, Pelayanan Publik.




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v3i0.340

Article Metrics

Abstract view : 1760 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 1503 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index