PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DI KANTOR CAMAT MAZINO (KECAMATAN MAZINO KABUPATEN NIAS SELATAN)

Siswati Saragi

Abstract


ABSTRAK
Meningkatkan pengetahuan,keterampilan maupun sikap pegawai terhadap tugasnya akan memperbaiki efektifitas kerja pegawai dalam mencapai hasil kerja yang telah ditetapkan. Ditengah semangat membangun otonomi, adalah hal ironis bahwa kewenangan dan sumber daya besar yang dimiliki kabupaten/kota kurang berdampak pada pemberdayaan Kecamatan. Padahal Kecamatan inilah yang semestinya diposisikan sebagai ujung tombak pelayanan kepada masyarakat. Otonomi boleh saja menjadi domein Pemkab/Pemkot, namun fron line dari sebagian fungsi pelayanan mestinya diserahkan kepada Kecamatan, disamping kepada Dinas Daerah. Dengan demikan pemkot perlu lebih mengedepankan fungsi-fungsi steering seperti koordinasi, pembinaan, fasilitas, dan pengendalian, dari pada fungsi rowing atau penyelenggaraan langsung suatu urusan.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan asosiatif. Pendekatan asosiatif adalah suatu pendekatan dimana untuk mengetahui bahwa adanya hubungan atau pengaturah diantara kedua variabel (variabel bebas dan variabel terikat). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungannya, dengan tujuan mengembangkan dan menggunakan model matematis, teori dan hipotesis yang berkaitan dangan fenomena yang terjadi.
Berdasarkan nilai r hitung lebih besar dari pada r tabel hasil uji korelasi diperoleh positif sebesar 0,359 antara variabel bebas yakni pengembangan sumber daya manusia dan variabel
98 | Edisi III No.1 Januari-Juni 2018 I Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN
terikatnya prestasi kerja pegawai. Hal ini menunjukan bahwa Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Di Kantor Camat Mazino (Kecamatan Mazino Kabupaten Nias Selatan) terdapat pada tingkat yang rendah.
Kata Kunci: Sumber daya Manusia, Prestasi, Kerja.




DOI: https://doi.org/10.46576/jpr.v3i0.337

Article Metrics

Abstract view : 313 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 874 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik



INDEXING :

    

MEMBER of :

 

PUBLIK REFORM : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK Published By :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email : jurnalpublik@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Publik Reform : Jurnal Aministrasi Publik By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at 

http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/index